Potret kegiatan LiniMuda melalui Zoom Meeting, Rabu (27/4/2021). (Genta Andalas/Dian Mardhiyyah)

Padang, gentaandalas.com– Memulai bisnis merupakan hal yang banyak orang impikan namun sering kali terkendala keraguan modal secara spiritual maupun finansial, manajemen, serta keberlanjutan usaha. Namun tidak sedikit generasi muda yang berani terjun langsung mendirikam usaha baik perorangan maupun bersama-sama.

Founder Halofina & Syamsi Dhuha Foundation, Eko Protomo mengungkapkan bahwa dalam memulai suatu bisnis harus menentukan tujuan bisnis. Dengan tujuan bisnis yang tertata nantinya menjadi motivasi tersendiri dalam menjalani bisnis serta tujuannya menjadi penguat agar tidak mudah goyah dalam menghadapi tantangan dalam berbisnis.

“Tujuan bisnis yang selalu saya pegang hingga kini ialah memecahkan dan mencari solusi terhadap permasalahan di masyarakat dengan menciptakan impact yang banyak kepada masyarakat,” ungkap Eko via Zoom Meeting Rabu, (27/4/2021).

Kesiapan diri untuk memulai bisnis harus diperhitungkan. CEO InMed, Gamal Albinsaid menyebutkan, ada 3 mindset yang harus ada pada diri seorang pebisnis. Pertama, fixed mindset yaitu memiliki semangat pantang menyerah, tidak takut gagal, suka terhadap tantangan serta belajar dari setiap kegagalan. Kedua, growth minset yaitu suka mencoba hal baru, menerima masukan dari luar. Ketiga, the comfort zone yaitu berani keluar dari zona nyaman dan terus mengasahh keahlian untuk berkembang

Dalam menjalani bisnis banyak rintangan dan tantangan yang kerap diterima oleh seorang pebisnis, tantangan yang datang silih berganti terkadang dapat membuat semakin kuat atau bahkan sebaliknya, semua tergantung cara menyikapinya. CEO Fatih.id, Fahmie Hendrawan memaparkan strategi yang dapat dilakukan selama menjalani bisnis.

“Jangan kita fokuskan perhatian kita kepada kompetitor. Lebih baik fokus untuk membangun nilai (value) produk. Jika kompetitor sudah meniru karya yang kita miliki, solusinya membuat hak paten produk, lalu ajak kompetitor yang meniru tersebut untuk bekerja sama atau ulurkan bantuan, namun jika kondisi kompetitor tetap meniru maka biarkan saja dan tetap fokus pada inovasi produk,” kata Fahmie.

LiniMuda memberikan motivasi semangat berbisnis pada generasi muda yang tersalurkan pada acara webinar dengan tema How do Enterpreneurs Start ”Bikin Bisnis Selagi Muda” dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Rabu (27/4/2021).

Reporter: Elvi Rahmawani dan Dian Mardhiyyah.
Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here