Suasana pelepasan mahasiswa KKN 2024 di Auditorium UNAND pada Jumat (5/7/2024). (Genta Andalas/Zulkifli Ramadhani)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (UNAND) kembali mengadakan pelepasan massal 5.100 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Regular Angkatan XXI di Auditorium UNAND pada Jumat (5/Juli/2024) yang akan membantu masyarakat dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengabdian yang tersebar ke seluruh nagari di Sumatra Barat (Sumbar).

Pada pelepasan KKN kali ini, Rektor UNAND Efa Yonnedi berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Wakil Rektor I, Syukri Arief. Dalam sambutannya, Syukri mengharapkan kontribusi dari mahasiswa untuk bisa membangun nagari dan dapat bekerjasama dengan masyarakat. Syukri juga menuturkan bahwa momen KKN ini untuk melihat dan mencontohkan kepada masyarakat bagaimana menumbuhkan karakter SEJATI pada lingkungan disekitar.

“Mahasiswa diharapkan bisa membangun nagari dan bekerjasama dengan masyarakat, ini juga momen percontohan penumbuhan karakter sejati pada lingkungan sekitar,” ujar Syukri dalam pelepasan KKN UNAND, Jumat (5/7/2024).

Pada kesempatan pelepasan, Syukri menambahkan bahwa KKN ini menjadi kesempatan untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang diperoleh selama di perkuliahan untuk menciptakan program-program yang positif.

Dalam serah terima pelepasan KKN UNAND tahun ini, Gubernur Sumbar Mayeldi yang diwakilkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bancana (BPBD) Sumbar Rudy Rinaldy, menyampaikan bahwa ada beberapa isu yang ada di Sumbar seperti pengetasan kemiskinan ekstrim, intervensi percepatan eleminasi (TBC), kesehatan pangan nabati dan hewani, pencegahan stunting, pengelolaan dana operasional pemerintah desa dan optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional. Melalui pengabdian masyarakat dengan pelaksanaan KKN, ia berharap dapat menjadi pemecahan masalah di setiap nagari yang menjadi tempat pelaksanaan KKN.

‚ÄúDengan pelepasan KKN kali ini dapat pemecahan masalah dari isu-isu yang ada di setiap nagari oleh mahasiswa/mahasiswi yang sedang melaksanakan KKN,” jelas Rudy menyampaikan harapan Pemprov Sumbar atas pelepasan KKN UNAND, Jumat (5/7/2024).

Mahasiswa peserta KKN UNAND 2024 dari Departemen Administrasi Publik, Muhammad Syauki Rizal berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan baik di masyarakat maupun di pemerintahan dalam membangun nagari tempat melakukan pengabdian selama KKN nanti.

Reporter: Lara Elisa Putri dan Zahra Nurul Aulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here