Beranda Berita

Yuliandri Tunjuk Dekan FT Sebagai WR III Unand

Pelantikan Wakil Rektor, Kepala Lembaga Dan Direktur Program Pascasarjana yang dipimpin langsung oleh Rektor di Convention Hall Unand, Jumat (03/01/2020). (Foto: Humas Unand)

gentaandalas.com- Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas (Unand) Insannul Kamil ditunjuk sebagai Wakil Rektor (WR) III oleh Rektor Unand Yuliandri pada 27 Desember 2019 lalu. Menurut Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengenalan Hukum Politik (PHP Fakultas Kedokteran) Abdis Sallam Fajri, WR III merupakan perpanjangan tangan dari mahasiswa yang mampu memayungi seluruh kegiatan kemahasiswaan.

“WR III selaku payung tertinggi di kemahasiswaan dapat membimbing mahasiswa agar lebih baik ke depannya, serta mendukung setiap kegiatan mahasiswa,” kata Abdis saat dihubungi kru Genta Andalas via Whatsapp, Jumat (03/01/2020).

Lebih lanjut Abdis memaparkan agar kemahasiswaan memberikan kemudahan mendapatkan dana bagi mahasiswa yang ikut lomba, kegiatan atau acara lainnya. Sementara untuk dana operasional mahasiswa di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) sebaiknya diberikan langsung penuh satu kali, tidak dua tahap seperti yang diterapkan saat ini.

BACA JUGA:
Bergaya Ala Eropa, Farm House Tawarkan Rekreasi Unik dan Instagramable

Selain Insannul Kamil, terdapat dua nama dekan fakultas lainnya yang ikut menduduki kursi WR di Rektorat. Dekan Fakultas MIPA Mansyurdin ditunjuk sebagai WR I dan Dekan Fakultas Kedokteran Wirsma Arif Harahap ditempatkan sebagai WR II. Sedangkan untuk WR IV, Yuliandri memilih Dosen Ekonomi Hefrizal Handra.

Pemilihan WR ini merupakan hak prerogatif rektor, namun di samping itu juga terdapat pertimbangan dari para senat. Menurut Abdis, nantinya akan ada sentimen negatif jika WR berasal dari tim sukses atau orang terdekat rektor. Meskipun demikian, kemampuan mereka tentu telah menjadi pertimbangan rektor.

BACA JUGA:
Barrier Gate, FT Unand Tingkatkan Keamanan Parkir

“Rektor memilih WR yang berlatar belakang dekan mungkin dikarenakan sepak terjang dari dekan tersebut,” ungkap Abdis.
Senada dengan Abdis, Presiden Mahasiswa (Presma) BEM KM Unand, Abdul Afif menyatakan pekerjaan rektor merupakan pekerjaan yang berat dan membutuhkan pengalaman yang banyak.

“Melihat pengalaman dan kinerjanya selama menjadi Dekan sehingga diharapkan ketika menjabat sebagai WR nantinya mereka sudah tahu mengenai tanggung jawab dan tugasnya masing-masing,” jelas Afif.

Pelantikan, pengambilan sumpah, dan serah terima jabatan WR dipimpin secara langsung oleh Rektor Unand di Convention Hall Unand pada hari ini, Jumat (03/01/2020). Selain WR, juga dilantik Kepala Lembaga serta Direktur Program Pascasarjana.

Reporter : Suhada Tri Marneli
Editor : Linda Susanti

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here