Beranda Berita

Wujudkan Kedaulatan Benih, Peran Perguruan Tinggi dan Masyarakat Diperlukan

Seminar Nasional   Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI) 2018 di Grand Inna Muara Hotel, Padang, Kamis (4/10/2018).   

gentaandalas.com- Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mencapai kedaulatan benih diantaranya, membuat Roadmap target, pemenuhan kebutuhan benih dalam negeri, positioning industri perbenihan dalam negeri, pengembangan secara intensif, serta peran pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian, Erizal Jamal pada seminar nasional Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI) 2018 di Grand Inna Muara Hotel, Padang, Kamis (4/10/2018).

“Selain itu, yang harus ditingkatkan untuk 10 tahun ke depan yaitu meliputi tanaman pangan, holtikultura sayuran, perkebunan atau tanaman buah, dan pertanian perkotaan,” ujarnya.

Sementara itu, pakar Perbenihan Tanaman, Aswaldi Anwar, mengatakan peranan perguruan tinggi dalam mewujudkan kedaulatan benih dalam negeri sangat penting.

“Dalam posisi pendidikan tugas di perguruan tinggi yaitu memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga bisa menghasilkan SDM yang kuat, yang nantinya bisa menyumbang nilai positif untuk masyarakat terutama di bidang pemuliaan,” katanya.

BACA JUGA:  Fakultas Pertanian Unand Adakan AGMP

Ketua Umum Pengurus Pusat PERIPI M Syukur menekankan pentingnya pemasaran hasil pemuliaan dan feedback dari masyarakat. Menurutnya, di Era 4.0 (era big data) yang harus diperhatikan yaitu bagaimana memasarkan hasil pemuliaan dan memperoleh feedback dari masyarakat, dan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Bagus Herwibawa, peserta yang merupakan dosen Agroteknologi, Universitas Diponegoro, mengatakan masyarakat bisa mengupayakan sumber genetik agar dirakit menjadi lebih baik, supaya Indonesia menjadi lumbung pangan terutama menghadapi roadmap pada tahun 2045. Kata Bagus, pemuliaan tidak hanya tanaman, namun juga termasuk ternak. Menurutnya, pemuliaan dari sisi pendidikan juga penting karena dapat mengelola sumber daya genetik di Indonesia sehingga bisa dilindungi dan bermanfaat bagi masa depan keberlangsungan negara ini.

BACA JUGA:  Fakultas Pertanian Unand Adakan AGMP

Sri Riahna, salah satu peserta seminar nasional PERIPI yang berasal dari PT Petrokimia Gresik berharap, perguruan tinggi tidak menutup diri pada pihak kampus saja, namun dapat bekerjasama dengan perusahan-perusahaan luar demi memasyarakatkan hasil pemuliaan.

“Masa depan pembenihan terbuka luas jika kita mau bergerak. Selama ini, pihak perguruan tinggi kebanyakan hanya menggunakannya untuk kepentingan akademik tanpa menyebarluaskan kepada masyarakat,” ujarnya saat diwawancarai kru Genta Andalas.

Pada PERIPI 2018 ini, Universitas Andalas dipercaya menjadi tuan rumah. Benni Satria selaku panitia seminar nasional PERIPI, mengatakan tujuan mengangkat tentang kedaulatan benih karena pada dasarnya benih merupakan modal dasar dalam melakukan budidaya tanaman, ternak, dan untuk menyediakan pangan bagi masyarakat. Dari benih juga dimulai langkah mencapai swasembada pangan.

Reporter : Nadya Satia Dilova dan Vivi Oktaviani 
Editor : Juni Fitra Yenti

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here