Beranda Berita

WR III Unand Sesalkan Mahasiswa yang Mundur karena UKT

gentaandalas.com- Wakil Rektor (WR) III, Universitas Andalas (Unand), Hermansah, menyayangkan sikap mahasiswa yang mudah mundur karena terhalang biaya kuliah. Kata Hermansah, jika ada mahasiswa yang tidak mampu membayar  Uang Kuliah Tunggal (UKT)  karena berbagai kendala, dapat didiskusikan langsung kepada petinggi, seperti WR I, ataupun WR II, untuk dicarikan solusinya. “Lagi pula, mahasiswa bisa mencari peluang untuk mendapatkan beasiswa maupun kerja paruh waktu untuk menambah pendapatan, “katanya saat ditemui di ruangannya, Rabu, (11/7/2018).

Menurutnya, UKT sudah disesuaikan dengan data yang diisi langsung oleh mahasiswa yang telah dikalkulasikan dengan pendapatan orangtua, yang berarti mereka sudah sanggup untuk membayar UKT yang telah ditentukan.

Senada dengan itu, mahasiswa Fakultas Peternakan, angkatan 2016, Choiruddin Lubis, mengatakan mahasiswa yang bersangkutan bisa meminta penurunan UKT dan mengurusnya ke bagian kemahasiswaan. “Emang sih, saya juga tidak tahu kondisi dia. Tapi, saya kemarin juga sempat mundur karena tidak lulus Bidikmisi, tapi saya usaha karena niat kuliah dan tidak menyerah,” ujarnya.

Menanggapi perihal beredarnya capture pesan via aplikasi whatsapp terkait mahasiswa yang mundur kuliah sebab tersendat UKT, Hermansah  mengimbau kepada seluruh mahasiswa Unand agar lebih beretika dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan keluhan.

Hermansah menyarankan agar tidak mudah percaya terhadap pesan-pesan yang tidak jelas identitasnya. Menurut Hermansah, pesan yang telah menyebar itu berasal dari orang yang tidak bertanggungjawab. “Kalau ada pesan seperti itu, saya rasa itu dari orang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Reporter : Rani Aprianti dan Yashirli Mulyadi

Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here