Beranda Berita WR I Jelaskan Perihal Surat Edaran Soal Target Lulusan Unand

WR I Jelaskan Perihal Surat Edaran Soal Target Lulusan Unand

Wakil Rektor 1 saat diwawancarai di ruangannya, Senin (9/10/2017).

gentaandalas.com– Wakil Rektor (WR) I Universitas Andalas (Unand) Dachriyanus menjelaskan perihal surat edaran nomor 13027/UN16.R/PP/2017 yang ditandatanganinnya  pada 4 Oktober lalu.

Baca juga: Dachriyanus Keluarkan Surat Edaran Target Lulusan Program Studi Di Unand

Surat tersebut, kata Dachriyanus, dikeluarkan untuk pencapaian target lulusan setiap program studi (prodi) di Unand, karena kelulusan cumlaude Unand masih minim jika dibandingkan dengan universitas lainnya.

“Universitas lain menargetkan 40% cumlaude untuk setiap kelulusan, sedangkan Unand masih jauh, bahkan berada pada posisi kurang dari 1%,” katanya saat ditemui di ruangannya, Senin (9/10/2017).

Salah satu point surat edaran itu, target lulusan cumlaude Unand sebesar 30%, kemudian sangat memuaskan 70% dengan nilai minimum B. Bagi mahasiswa yang belum mencapai nilai B diberi kesempatan ujian remedial sebanyak dua kali. Jika sudah remedial mahasiswa belum mencapai nilai B, maka diberi kesempatan semester pendek.

“Remedial tidak pernah dilakukan di Unand, karena dapat nilai C mahasiswa terima saja, saya ingin mengenalkan remedial di Unand,” kata Dachrianus.

Dachriyanus menuturkan, surat edaran ini adalah bentuk sosialisasi yang ia lakukan untuk menaikkan nilai mahasiswa Unand. “Kami hanya menargetkan, kalau tidak tercapai tidak masalah yang penting ada usaha, kami kejar target IPK 3 untuk mahasiswa,” ucap Dachrianus.

Surat edaran itu, lanjut Dachriyanus, akan berlaku pada wisuda pertama bulan februari 2018. Teknis pelaksanaan diserahkan kepada prodi fakultas masing-masing. Dachrianus juga menyarankan mahasiswa yang ingin mengubah nilai dapat mengikuti proses remedial.

Dachriyanus mengatakan setelah target ini berjalan akan diadakan evaluasi. Pihak kampus mencoba membantu mahasiswa untuk memperoleh setiap haknya, tetapi setiap orang bebas memilih jalan yang diinginkan.

Reporter : Azalia Mutiara Fitri dan Mis Fransiska Dewi

Editor     : Endrik Ahmad Iqbal

3 KOMENTAR

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here