Beranda Berita

World Cleanup Day, Sumbar Ikut Andil

Beberapa siswa yang ikut World Clean Day sedang melakukan bersih-bersih di Pantai Purus, Padang, Sabtu (15/9/2018).

gentaandalas.com- Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) turut andil dalam gerakan aksi gotong royong terbesar di dunia (World Cleanup Day) yang diadakan di Pantai Purus, Padang, Sabtu (15/9/2018). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka hari bersih-bersih se-dunia (World Clean Day) yang jatuh pada tanggal 15 September.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh kalangan, mulai dari siswa SD sampai SMA di kota Padang, tentara, guru, duta wisata kota Padang, hingga masyarakat sekitar Pantai Purus yang berjumlah kurang lebih 3000 orang.

Rahmadtullah Noerman, selaku Team Leader World Cleanup Day Regional Sumbar, mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan pertama kalinya di Indonesia. “Kegiatan ini diadakan di 10 kabupaten/kota di Sumatera Barat,”ujarnya.

BACA JUGA:  Badrul Mustafa Kemal; Tsunami di Palu dan Donggala Tidak Lazim

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah kota Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Padang, sekolah-sekolah di Padang, dan seluruh komunitas yang ada di Sumbar. Sampah yang telah diambil dan dikumpulkan akan dibawa oleh DLH dan akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah diambil mulai dari Cimpago sampai Tugu Merpati Perdamaian.

Uda Wakil II Duta Wisata kota Padang, Weri Dinata, mengatakan bahwa kegiatan ini bagus karena massanya banyak. Menurutnya, hal itu dapat menanamkan rasa peduli lingkungan sejak dini. Namun sayangnya, antusias masyarakat sekitar dirasa kurang dan hanya memerhatikan semua orang yang terlibat dalam kegiatan ini tanpa ikut andil.

BACA JUGA:  Badrul Mustafa Kemal; Tsunami di Palu dan Donggala Tidak Lazim

Kemudian, salah satu Duta Adiwiyata SMAN 7 Padang, Nurul Insani, mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi siswa, karena dapat membangkitkan minat siswa untuk peduli lingkungan, serta membersihkan lingkungan kota Padang, sehingga lingkungan kota Padang bersih. Ia berharap pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan tidak hanya sekedar event tahunan, tapi event rutin. Karena, masalah sampah ini adalah masalah setiap hari dan masalah semua orang.

Reporter: Nurul Pratiwi dan Yosi Saputri

Editor : Juni Fitra Yenti

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here