Beranda Berita

Universitas, Wadah Pertama untuk Demokrasi

Grand Opening Pemira Unand, Rabu (10/10/2018). (Foto: Mita Mailini)

gentaandalas.com- Demokrasi adalah bagian terpenting dalam sistem pemerintahan, karena dengan adanya demokrasi, maka segala aspirasi rakyat akan ditampung dan dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan rakyat itu tersendiri. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Amnasmen, saat menghadiri acara Grand Opening Pemilihan Umum Raya (Pemira) KM Universitas Andalas (Unand) di perpustakaan Unand, Rabu (10/10/2018).

Amnasmen mengatakan, negara demokrasi tidak memandang seseorang berdasarkan status, agama maupun latar belakang, semua orang sama di mata politik. ‘’Tidak peduli apakah anda anak bangsawan, keturunan priyayi, anak petani, atau bahkan,anak pemulung, beragama Islam, Kristen ataupun agama lainnya. Anda tetap bisa berpolitik dan berdemokrasi di Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:  Hasil Suara Sementara Pemira Unand 2018, Paslon 1 Unggul

Amnasmen juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk melakukan Pemira dengan baik karena politik di tingkat universitas merupakan politik tingkat pertama, sebelum terjun ke ranah politik yang lebih besar.

Salah satu peserta acara, Yuli Afrima Putri merasa puas terhadap acara tersebut. Selain dia bisa mengetahui seputar politik Unand, wawasannya juga bertambah dengan mendengarkan diskusi publik dari orang-orang penting yang hadir di acara itu.

“Saya senang sekali bisa mendengarkan hal-hal bermanfaat seperti ini. Saya harap, semua peserta yang hadir terutama saya sendiri bisa mengambil pelajaran dari apa yang disampaikan,” kata Yuli.

BACA JUGA:  Minggu Tenang dalam Kacamata Mahasiswa

Grand Opening atau pembukaan besar Pemira ini akan diadakan secara bertahap. Pada hari ini adalah tahap pertama yang terdiri dari Fakultas Peternakan, Pertanian, Teknologi Informasi, dan beberapa fakultas lainnya. Sedangkan untuk tahap kedua akan diadakan pada bulan November yang terdiri dari KM Unand dan Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan tahap ketiga diadakan pada Februari 2019, untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik serta beberapa fakultas lain.

Reporter : Mita Mailini dan Ramadhanil Fajri
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here