Beranda Berita Feature

Universall Theme Park, Kampung Belanda Instagramable di Kabupaten Agam

Objek wisata kampung Belanda di Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Nurul Pratiwi*

Pada 6 Juni lalu, telah digelar soft opening objek wisata terbaru di Kabupaten Agam, yaitu Universall Theme Park. Universall Theme Park ini berlokasi di Jorong Koto Hilalang, Nagari Lambah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Lokasi objek wisata ini tak terlalu jauh dari objek wisata Green House Lezatta.

Pagi hari pada tanggal 12 Juni, saya mengajak salah seorang teman dekat saya ke objek wisata ini, karena rasa penasaran dengan objek wisata ini. Jarak rumah kami ke Universall Theme Park lebih kurang 7 km dan memakan waktu tempuh 10 hingga 15 menit menggunakan sepeda motor. Untuk masuk ke dalam objek wisata ini, kita harus merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Setelah kita masuk ke kawasan objek wisata, kita akan disambut dengan gerbang yang model bangunannya seperti istana dunia anak-anak.

Pertamakali memasuki kawasan tersebut, mata kita akan disuguhi dengan bangunan rumah orang Belanda nan indah yang ada di sekeliling objek wisata ini. Rumah orang Belanda ini terbuat dari gypsum. Adanya rumah orang Belanda di sekelilingnya membuat objek wisata ini terlihat seperti Kampung Belanda. Setelah itu, di sana kita juga dapat melihat air mancur yang baknya berbentuk lingkaran. Air mancur ini berlokasi di depan rumah orang Belanda tersebut.

Dalam kawasan Universall Theme Park, tak hanya ada bangunan rumah orang Belanda dan air mancur saja, tetapi juga ada kafe, dua buah kolam renang untuk anak-anak yang sudah dipenuhi dengan bola-bola, dan beberapa patung hewan dan tumbuhan seperti dinosaurus, jamur, dan kaktus. Selain itu, di sana juga ada beberapa kursi berbahan plastik yang rendah yang dilindungi oleh beberapa payung dan berpasir, hingga suasana di sana terasa seperti di pantai. Tanah di lokasi objek wisata ini juga ditanami tumbuh-tumbuhan yang masih tergolong kecil.

Objek wisata ini di desain sangat Instagramable. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini bisa berswafoto sepuasnya di bangunan rumah orang Belanda. Anda bisa berkeliling melihat rumah orang Belanda tersebut sambil mencari angle yang pas untuk berswafoto di sana. Rumah orang Belanda ini dicat dengan berbagai macam warna, hingga dapat menarik pengunjung untuk berswafoto di sana. Tak hanya rumah orang Belanda saja, patung dinosaurus, jamur, dan kaktus juga dapat menjadi objek foto pengunjung di sana.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Universall Theme Park jangan khawatir tidak mendapat tempat parkir atau tidak ada toilet serta musala. Di sana telah disediakan tempat parkir kendaraan yang sangat luas bertarif Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000 untuk kendaraan roda empat, dan bus dengan harga Rp20.000 saja. Kemudian di sana juga telah disediakan toilet dan musala yang sangat bersih.

Objek wisata ini benar-benar bersih dan terlihat sangat luas. Musala objek wisata ini benar-benar bersih dan cukup luas, namun karena objek wisata ini masih tergolong baru, belum banyak fasilitas dibangun di sana dan lokasi objek wisata ini masih ada sebagian tanah yang belum dilapisi semen atau paving block dan beberapa rumah orang Belanda ini belum dicat. Kemudian, tidak ada pedagang di luar lokasi objek wisata ini.

Salah satu staf pegawai Universall Theme Park, Indah mengungkapkan di dalam kawasan objek wisata ini akan segera ditambah beberapa wahana permainan dan kolam renang yang lebih besar.

“Wahana permainannya itu seperti roller coaster, boom boom car, mini water park, labirin, playground indoor, arena go car, dan trampolin,” ungkap Indah.

Kemudian, Indah juga mengatakan bahwa pegawai objek wisata ini berasal dari wilayah sekitar kawasan objek wisata ini.

“Ya, umumnya karyawan di sini (Universall Theme Park) berasal dari wilayah sekitar sini (Koto Hilalang),” kata perempuan yang berasal dari Baso ini.

Walaupun Universall Theme Park masih tergolong baru, objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sangat suka berswafoto, apalagi Anda yang bingung ingin mengajak adik atau keponakan bermain kemana saking bosannya dengan objek wisata yang itu-itu saja.

Suasana “Kampung Belanda” sangat kental terasa jika Anda mengunjungi objek wisata ini. Untuk Anda yang pernah mengunjungi Kampung Eropa di Payakumbuh jangan heran jika mengunjungi objek wisata ini merasa familiar dengan suasana dan bentuk rumah orang Belandanya, karena memang desain bangunan rumah orang Belanda dan suasananya memang mirip dengan Kampung Eropa di Payakumbuh. Yuk, kunjungi Universall Theme Park bersama orang-orang terkasihmu.

 

*Penulis merupakan Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  angkatan 2017 Universitas Andalas.

1 KOMENTAR

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here