Beranda Berita

Unand Tandatangani PKS Kampus III Sejak Februari 2019

Ketua Jurusan Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya Yaherwandi saat menyampaikan pendapatnya di Convention Hall Pertanian, Rabu (8/5/2019). (Foto: Nisa Ulfikriah)

gentaandalas.com- Unand menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak Pemda Dharmasraya terkait Kampus III pada Februari 2019 lalu. Sebelumnya, perumusan PKS ini sudah ada sejak 28 Februari 2018. Namun karena belum ada perincian yang jelas terkait perjanjian tersebut, maka Dekan Fakultas Pertanian Unand, Munzir Busniah menunda penandatanganan PKS.

“PKS lama saya tandatangani karena saya inginnya rinci dan terstruktur dari segi waktunya,” ujarnya.

Ketua Jurusan Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya Yaherwandi mengatakan, awal tahun 2019 PKS sudah ditandatangani dan sudah jelas di dalam perjanjian itu pasal demi pasal.

“Sekarang, kami berusaha mengawal PKS ini, karena sudah dianggap cukup ideal bagi kedua belah pihak,” kata Yaherwandi.

Di dalam PKS juga dijelaskan semuanya harus selesai pada tahun 2019. Jika tidak, maka Unand tidak boleh beroperasi di Kampus III Dharmasraya, sekaligus tidak menerima mahasiswa baru tahun 2020.

“Bersama pemerintah daerah nantinya kita mendata aset yang akan diberikannya,” ujar Yaherwandi.

Yaherwandi mengungkapkan, tahun ini semuanya akan diserahkan Pemda kepada Unand. Artinya, pihak Unand mempunyai gedung dan lahan sendiri. Penyerahan ini nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Mengenai pemberian lahan 50 ha yang terdapat dalam perjanjian kerja sama, itu akan diberikan secara bertahap selama lima tahun. Tahun ini rencananya akan diberikan 10 ha, karena tanah yang akan diberikan tidak memiliki persoalan sengketa.

Reporter : Nisa Ulfikriah dan Zurriati Fadilla

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here