Beranda Berita

Unand Pertahankan Akreditasi A

Sertifikat Akreditasi dari BAN-PT untuk Unand yang berlaku 4 Desember 2018 sampai 4 Desember 2023.

gentaandalas.com-  Berdasarkan Ketetapan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 327/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 pada tanggal 4 Desember 2018, Universitas Andalas Kota Padang kembali raih akreditasi A.

“Unand mengalami kenaikan empat poin dari sebelumnya. Sebelumnya, jumlah poin yang didapat oleh Unand adalah 365, sedangkan sekarang 369,” ujar Yufri Aldi selaku Koordinator Akreditasi Unand sekaligus Asisten Wakil Rektor 1 Unand saat diwawancarai oleh kru Genta Andalas, Kamis (6/12/2018).

Untuk tahap akreditasi ini, kata Yufri Aldi, Unand telah melakukan persiapan sejak bulan September 2017. Tahapan itu dimulai dari pengumpulan data, persiapan barang, hingga tahap submit pada 16 Juli 2018. Unand divisitasi oleh enam orang tim asesor, yaitu tim dari Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

BACA JUGA:  Adakan Audiensi terkait Banding  UKT, UKM PHP Belum Temukan Titik Terang

Unsur-unsur yang menjadi penilaian dalam tahap akreditasi ini diantaranya manajemen Unand (visi dan misi Unand), tata pamong Unand (fungsi rektor, fungsi wakil rektor, apakah fungsi-fungsi tersebut sudah sesuai dengan kaidah), aktivitas mahasiswa, baik bidang akademik maupun non akademik, kemudian SDM Unand (dosen dan kepegawaian), kurikulum S1, S2, dan S3 di Unand secara keseluruhan, aset keuangan, gedung, dan lainnya, serta penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

BACA JUGA:  Perubahan Nama Jurusan Sistem Komputer Unand Masih dalam Proses

Yufri Aldi menambahkan, semua poin menunjang untuk kenaikan akreditasi dan saling berkesinambungan. Beberapa peningkatan yang dicapai oleh Unand adalah publikasi, rangking lima di Indonesia dalam bidang penelitian, dan masuk 10 besar versi Dikti.

“Yang perlu dilakukan Unand agar tetap bisa mempertahankan akreditasi yang telah dicapai adalah menjaga kesinambungan di semua bidang, dan jangan sampai lengah,” tambah Yufri Aldi.

Senada dengan itu, Wakil Rektor 1 Unand, Dachriyanus, berharap untuk masa mendatang ada peningkatan di bidang akademik dan kurikulum Unand dapat diterapkan dengan lebih baik lagi.

 

Reporter: Nurul Fatimah

Editor: Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here