Beranda Berita

Unand Masih Pertimbangkan Pencairan Dana Bidikmisi 2018

Bidikmisi 2018

gentaandalas.com-Wakil Rektor III Unand Hermansah menyatakan pihak Unand masih mempertimbangkan kebijakan mengenai panduan bidikmisi 2018. Sebelumnya Kementerian Riset Teknologi Perguruan Tinggi (Kemristekdkti) mengeluarkan surat panduan resmi bidikmisi 2018 yang menyatakan pencairan dana untuk seluruh Perguruan Tinggi (PT) akan dilakukan enam bulan sekali.

Menurut dia, panduan ini masih membutuhkan pertimbangan untuk diterapkan di Unand. “Kalau dari Kemristekdikti memang enam bulan sekali, tetapi kebijakan ini diserahkan lagi kepada masing-masing PT,” katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (2/3/2018).

Hermansah mengatakan tujuan Kemristekdikti mengeluarkan panduan ini agar pengelolaan uang bidikmisi antara pihak perguruan tinggi dan pusat tidak terlalu susah jika diurus tiap tiga bulan sekali.

BACA JUGA:  Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Unand Dibobol Maling

Mengenai uang Bidikmisi, Hermansah menuturkan uang tersebut sudah dikirim ke rekening penerima bidikmisi, namun masih diblokir hingga uang tersebut dicairkan oleh universitas. “Uang itu sudah ada di dalam rekening, hanya belum bisa dicairkan. Akan tetapi tidak bisa diganggu oleh pihak manapun, baik oleh bank maupun pihak Unand,” tuturnya.

Kebijakan Unand, kata Hermansah, sepertinya masih menerapkan sistem per tiga bulan.  Ia juga masih mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan mahasiswa bidikmisi, maunya sekali tiga bulan atau enam bulan. “Saya memang rencananya masih tetap memakai sistem per tiga bulan, yaitu dana Maret atau Mei nanti,tapi belum bisa diputuskan karena masih didiskusikan dengan pihak terkait,” katanya.

BACA JUGA:  UKOS Adakan Dekan Cup Fakultas Ilmu Budaya Unand

Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Destrinita menilai hal ini masih menjadi polemik di Unand. Ia mengatakan semua tergantung kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi, seperti Politeknik Negeri Padang yang menerapkan sistem pencairan tiga bulan sekali dan tiga bulan berikutnya diblokir terlebih dahulu dan bisa diambil Rp 600 ribu per bulannya.

Reporter : Vivi Oktaviani dan Ivonyla Krisna.

Editor     : Muhammad Ilham RF

11 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum.
    Saya mau numpang tanya kawan”.
    Kok dikampus saya sampai dengan hari ini duit untuk biaya sekolah nya belum keluar. Jadi saya harus bayar setiap bulan nya. Apakah kampus” yg lain juga begitu.
    Saya merasa kesusahan kalau harus bayar setiap bulan kayak gini.
    Mohon infonya kawan
    Terimakasih

  2. Assalamualaikum mohon maaf sebelumnya setahu saya bidik misi di cairkan dari awal September sampai 28 Desember kemudian pencairan di cairkan 30 hari setelah permohonan . Sedangkan permohonan setalah saya cek mulai dari tgl 24 Agustus . Berarti ini lebih dari 30 hati . Jadi bagaimana kebijakannya ? Mengingat di tempat saya semua mahasiswa Bidikmisi sudah tidak memegang uang sama sekali dan apabila mau ikut seminar bingung karena tidak membawa uang. Mohon untuk kebijakannya . Trimakasih

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here