Beranda Berita

Unand Laksanakan Pemira Tahap Satu, PPU Fakultas Sebar TPS di Berbagai Titik

Pemiran Unand 2018

gentaandalas.com-Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) kembali melakukan pesta demokrasi dalam Pemilihan Raya Serentak 2018 yang diikuti oleh empat Fakultas yaitu Fakultas Peternakan (Faterna), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Fakultas Matematikan Ilmu Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) pada Rabu (17/10/2018).

Sebanyak 17 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar untuk pemlihan Gubernur dan wakil Gubernur BEM KM Fakultas. Terdiri dari enam titik TPS dari Faterna, empat titik TPS dari Fateta, lima titik TPS dari FMIPA, dan dua titik TPS dari FTI.

Ketua PPU Faterna Rahmat Hidayat mengatakan bahwa untuk pemilih tetap dari Faterna ada 1400 orang denga target suara 75% yang didominasi oleh Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2018. Namun, berbeda dengan FTI dan FMIPA yang tidak melibatkan Mahasiswa angkatan 2018 dikarenakan belum memenuhi persyaratan sebagai pemilih yaitu dianggap sebagai warga negara dan mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Albis Isra selaku Ketua PPU dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

BACA JUGA:  Polemik BEM KM Unand, DPM KM Unand Rekomendasikan Presma Unand Undur Diri

“Pemberian suara dari Mahasiswa angkatan 18 belum dilibatkan karena dalam Undang-undang FTI mengenai pemilihan harus menjadi warga negara dan mempunyai KTM, sedangkan untuk Maba sendiri belum menjadi warga negara dan belum mempunyai KTM,” katanya.

Dengan rentang waktu yang telah ditetapkan, penghitungan suara lansung dilakukan setelah semua pemilih memberikan hak suara dalam pemilu, walupun dari semua pemilih belum memberikan hak suaranya sampai jam yang telah ditetapkan. Penghitungan akan tetap dilanjutkan jika target yang ditetapkan tidak tercapai dengan merekap semua data yang telah masuk. Hal ini diungkapkan oleh Reynaldi selaku ketua PPU FMIPA.

“Walaupun hak suara yang ditergetkan tidak tercapai, penghitungan suara akan tetap dilajutkan dengan merekap semua data yang telah masuk meskipun warga FMIPA ada yang tidak memberikan suara yang yang ditetapkan kepada angkatan 17 ke atas,” ujarnya.

BACA JUGA:  Aksi Lanjutan Aliansi BEM Sumbar, Gubernur Tandatangani Tuntutan Mahasiswa

Senada dengan itu, Muhammad Rido selaku pemilih dari Fakultas Peternakan mengatakan bahwa pemilihan tahun ini lebih didominasi oleh angkatan 2018 dikarenakan mahasiswa tahun akhir banyak yang melakukan penelitian, penyusunan skripsi, dan banyak yang tidak datang ke kampus sehingga suara yang dihasilkan nantinya sedikit.

Ia juga berharap agar pada Pemira tahun berikutnya pemilih dapat lebih peduli, kritis, dan memberikan hak pilihnya sebaik mungkin karena nantinya pemimpin di fakultas ini akan menjalankan amanahnya selama satu tahun kedepan.

“Semoga tahun depan pemilih makin bijak, pilih pemimpin yang sebaik mungkin karena nantinya pemimpin di fakultas ini lah yang akan menjalankan amanahnya selama satu tahun kedepan,” katanya.

 

Reporter: Ramadanil Fajri dan Yosi Saputri
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here