Beranda Berita Liputan

Unand Kukuhkan Tiga Guru Besar Bidang Pertanian

Proses Pengukuhan Guru Besar Bidang Pertanian, di Conventian Hall, Unand, pada Rabu (6/3/2019). (Foto: Humas Unand)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) mengukuhkan tiga guru besar di bidang pertanian, yaitu Prof. Dr. sc. agr. Ir. Jamsari, MP. sebagai guru besar tetap dalam analisis genom pemuliaan tanaman, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP. sebagai guru besar tetap dalam ilmu budidaya pertanian, dan Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS. sebagai guru besar tetap dalam ilmu fisiologi tumbuhan, Rabu (6/3/2019) di gedung Convention Hall Unand.

Pada pengukuhan ini, Prof. Dr. sc. agr. Ir. Jamsari, MP. menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul “Memahami Karakteristik Pepper Yellow Leaf Curl Virus (PepYLCV) dan Interaksi dengan Inangnya Capsicum annum menggunakan Data Genomik”, sedangkan orasi yang berjudul “Potensi Pengembangan Rami (Boehmeria nivea (L.) Gaud) sebagai Tanaman Serat Alternatif di Sumatera Barat” disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP. Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS. juga menyampaikan orasinya dengan judul “Laikkah Gandum Dibudidayakan di Indonesia?”

Reni Mayerni sebagai salah seorang orator mengatakan tanaman rami sangat potensial sebagai tanaman serat yang bisa dikembangkan.

“Tanaman serat rami ini berpotensi di Sumatera Barat. Tanaman ini tidak harus ditanam setiap tahun, karena punya rizhome, yang tumbuh terus menerus hingga tujuh tahun. Jadi sangat potensial untuk ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut Reni, tantangan ke depannya yaitu sosialisasi ke masyarakat Sumatera Barat yang belum mengenal tanaman serat, maka perlu adanya sosialisasi bahwa memang ada tanaman serat selain kapas (saat ini banyak dikembangkan di bagian Timur Indonesia) yang bagus untuk dikembangkan.

Rektor Unand, Tafdil Husni, dalam sambutannya menuturkan harapan-harapannya untuk guru besar yang baru dikukuhkan.

“Semoga bisa meningkatkan hasil publikasinya untuk kepentingan masyarakat serta memberi motivasi bagi dosen dan lektor kepala untuk segera mengajukan sebagai guru besar, dan dapat berkontribusi bagi bangsa, khususnya untuk Unand, ” tuturnya.

Reporter : Qudwatun Nisaa dan Vivi Oktaviani

Editor : Ramadanil Fajri


Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here