Beranda Berita

Unand Kembali Buka KKN Daerah Khusus di Solok Selatan

Direktur UPT KKN, Syamsuardi, saat diwawancarai di Gedung PKM Unand, Selasa (26/3/2019). (Foto : Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Unand kembali membuka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Solok Selatan untuk tahun 2019. Direktur Unit Pengelola Teknis Kuliah Kerja Nyata (UPT KKN) Unand, Syamsuardi, mengatakan, mahasiswa yang mengikuti KKN ini akan ditempatkan di tiga nagari, yaitu Nagari Lubuk Ulang Aling, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, dan Nagari Lubuk Ulang Aling Timur.

Syamsuardi mengungkapkan, nagari yang merupakan bekas tambang emas tersebut, memiliki potensi keindahan alam dan agrowisata yang tersembunyi, membuat tiga nagari tersebut patut dikembangkan. Namun, transportasi yang sulit dan medan yang berat untuk menyeberangi Sungai Batang Hari membuat KKN di daerah tersebut tidak dibuka untuk tahun lalu.

“KKN sudah diadakan di sana dua tahun yang lalu, tapi kondisi jalan yang sulit dan berat membuat kita tidak membukanya tahun lalu. Kita juga tidak mau membahayakan mahasiswa,” ungkap Syamsuardi di Gedung PKM Unand, Selasa (26/3/2019).

Menimbang hal demikian, pihak UPT KKN Unand akan melakukan survei ke daerah tersebut terlebih dahulu, sehingga mahasiswa yang ditempatkan untuk KKN di sana tidak khawatir akan keselamatan diri. Pendaftarannya telah dibuka dari 24 Maret lalu hingga 28 Maret mendatang dan berkasnya sudah dapat diantarkan mulai 25 Maret.

Kemudian, Syamsuardi menuturkan, banyak harapan dan capaian yang ingin diwujudkan untuk KKN Khusus Solok Selatan. Tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat, karena KKN ini merupakan salah satu ajang pembelajaran, baik bagi mahasiswa KKN itu sendiri, maupun untuk masyarakat. Kita juga berharap diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai mahasiswa maupun sebagai institusi Unand.

“Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif, baik dari segi pembangunan, ataupun pengembangan sumber daya masyarakat,” tutur Syamsuardi.

Syamsuardi juga berharap, dengan adanya mahasiswa KKN pendapatan masyarakat di sana meningkat, mahasiswa mampu meningkatkan pengembangan nagari di sana, dan diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai mahasiswa maupun sebagai institusi, yaitu Unand.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian yang akan melaksanakan KKN tahun ini, Fikri Dinegoro, berpendapat Solok Selatan tersebut merupakan lokasi yang menarik. Namun, daerah tersebut dijadikan sebagai KKN Daerah Khusus, bukan bagian dari daerah KKN Reguler.

“Daripada KKN Khusus, saya lebih tertarik untuk mengikuti KKN Kebangsaan. Karena bertempat di Ternate dan saya ingin melihat dunia baru bagi saya di Indonesia ini,” ungkapnya.

Reporter : Fildzatil Arifa dan Gifra Sentia

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here