Beranda Berita

Unand Gunakan sistem Voting pada Pilrek 2019

Ketua senat Unand, Werry saat menjelaskan sistem pilrek Unand 2019, di ruang sidang Pimpinan Lantai 4 Rektorat Unand, Selasa (30/4/2019).

Pemilihan Rektor Universitas Andalas (Unand) tahun 2019 akan menggunakan sistem voting yang akan dilakukan oleh 76 orang senat Unand. Hal ini sesuai dengan SK Rektor tanggal 24 April 2019 lalu yang menjelaskan bahwa daftar pemilih tetap Unand ada 76 orang. Satu orang senat memiliki satu hak suara. Unand, Selasa (30/4/2019).

Ketua senat Unand, Werry menuturkan jika terjadi jumlah suara sama (seri), maka akan dilakukan pemilihan ulang pada bakal calon yang memiliki suara yang sama.

“Misalnya bakal calon yang memiliki suara tertinggi nomor 3 dan 4 memperoleh jumlah suara yang sama, maka dilakukan pemilihan ulang hanya untuk mereka berdua,” tutur Werry .
Kuorum dalam pilrek nanti kata Werry yaitu sebesar 2/3 dari 76 suara, artinya 51 orang senat harus hadir untuk memulai pemilihan. Jika kuorum tidak mencukupi, maka akan ditunggu setengah jam, kalau masih belum cukup maka akan tetap dilanjutkan.

BACA JUGA:  Destrinita : Verifikasi bukan Jaminan Lolos Bidikmisi 2019

Werry menambahkan, dari delapan bakal calon tersebut, akan dilakukan penyaringan dengan cara presentasi dan diskusi yang dibuka untuk memberi masukan atau pertanyaan agar bisa menilai kualitas bakal calon rektor. Kedelapan bakal calon akan melakukan presentasi menyampaikan visi dan misinya. lalu dibuka sesi tanya jawab yang dihadiri oleh senat, tenaga pendidik, mahasiswa, dan wakild dari Kemeristekdikti.

Dari hasil penyaringan itu akan dikerucutkan menjadi tiga calon. Hasil dari penyaringan yang mendapatkan tiga calon rektor tersebut akan dibawa ke Kemenristekdikti dan akan dilakukan pemilihan rektor pada 17 Juni mendatang.

BACA JUGA:  KSR PMI Unand Sambut Kedatangan Bulan Sabit Merah Malaysia

Werry berharap, pilrek kali ini menjadi transformasi dan percepatan bagi kemajuan Unand kedepannya.

“Kita berharap Unand kedepannya harus lebih baik daripada hari ini, tentunya dengan niat baik bakal calon yang akan terpilih nanti,” kata Werry.

Harapan senada juga dituturkan oleh ketua panitia pilrek, Decroli yang berharap agar Unand lebih maju kedepannya.

“Saya rasa kedelapan orang ini sudah mengukur potensi dirinya dalam pencalonan ini dan berniat untuk bergerak demi Unand. Ya, walaupun garis takdir sudah ada, siapa yang akan terpilih nanti,” kata Decroli.

Reporter : Nadya Satya Dilova dan Vivi Oktaviani

Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here