Beranda Berita

Unand Dies Natalis, Expo KKN Ditunda

Kepala Pengelola Unit Kuliah Kerja Nyata (PU-KKN) Universitas Andalas, Syamsuardi.

 

gentaandalas.com- Pelaksanaan Expo Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Pengelola Unit (PU) KKN Universitas Andalas (Unand), yang awalnya akan dilaksanakan pada bulan September ini, ditunda hingga tanggal 26-27 Oktober mendatang. Alasan pengunduran jadwal tersebut, dikarenakan pimpinan dan civitas akademika Unand yang turut menghadiri kegiatan expo ini, sedang mengikuti kegiatan Dies Natalis Unand. Hal itu disampaikan oleh kepala PU-KKN Unand, Syamsuardi saat ditemui di ruangannya, Kamis (13/9/2018).

“Diundurnya kegiatan ini karena juga melibatkan civitas akademika Unand yang saat ini dibarengi dengan kegiatan Dies Natatalis Unand. Saya berharap mahasiswa bisa mempersiapkan acara ini lebih matang,” katanya.

Syamsuardi mengatakan  Expo KKN tahun ini akan mengundang 169 wali nagari tempat mahasiswa melaksanakan KKN, serta juga mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Lanjutnya, Expo KKN ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa KKN setelah KKN selesai dilaksanakan. Hari pertama persiapan acara Expo, dan hari kedua puncak acara Expo. Nantinya, mahasiswa presentasi untuk mewakili nagarinya dan kemudian membentangkan poster di Expo. Poster tersebut diharapkan dapat menonjolkan proses pemberdayaan yang berhasil dilakukan selama KKN.

BACA JUGA:  HIPMI Unand Adakan Entrepreneur Fair 2018

“Dalam penutupan acara ini, nantinya akan diberikan penganugerahan untuk beberapa kategori presenter, essay, poster, video, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),” ujar Syamsuardi.

Salah satu mahasiswa dari tim KKN Kebangsaan, Egip Satria Eka Putra, mengaku mendapat keberkahan dengan diundurnya KKN Expo ini. Egip mengatakan ia dan timnya mengikuti KKN di provinsi Lampung yang dimulai sedikit lebih lama dibandingkan KKN Reguler. Menurutnya, diundurnya KKN Expo ini memungkinkan bagi mahasiswa KKN untuk dapat berbenah dan mempersiapkan semuanya lebih matang lagi.

“Kami baru pulang KKN tanggal 25 Agustus kemarin, kami belum banyak persiapan, ditambah lagi belum adanya kejelasan yang pasti terkait Expo ini. Kami KKN-nya berdasarkan aturan Dikti dan Unila, yang berbeda dengan KKN Reguler Unand. Terkait aturan Expo ini, kami masih bingung, karena format aturan yang diberikan berbeda dengan format KKN di Lampung. Maka perlu kami bicarakan dulu persoalan ini dengan PU KKN,” ujar mahasiswa Fakultas Hukum Unand ini.

BACA JUGA:  Muhammad Edi Isdwiarto: Korporasi dan Pegadaian Butuh Perubahan

Sementara itu, mahasiswa dari KKN Bilateral, Muhammad Yusuf mengatakan pengunduran KKN ini dirasa kurang tepat. “ Kalau diundur ada bagusnya ada enggaknya. Kebanyakan orang merasa kalo diundur akan bentrok lagi dengan jadwalnya yang lain di kampus, apalagi di bulan Oktober sudah memasuki UTS,” ujar mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi Unand ini.

Dari segi persiapan, Yusuf dan timnya mengaku sudah lebih dari 50 persen untuk mempersiapkan Expo tersebut, karena menurutnya untuk Expo tidak terlalu sulit untuk mempersiapkannya.

Reporter : Juni Fitra Yenti dan Zurriati Fadilla

Editor: Rani Aprianti

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here