Beranda Berita

Unand Dapat Kesempatan Ikutkan Mahasiswanya dalam KKN Kemendes

Syamsuardi, Direktur UPT KKN Unand. (Foto : Zurriati Fadilla)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) mendapatkan kesempatan untuk mengikutkan mahasiswanya dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kementerian Desa (Kemendes) pada tahun 2019 ini. KKN Kemendes ini baru pertama kali dilaksanakan Unand. Mahasiswa yang akan mengikuti KKN ini tidak diseleksi, melainkan mahasiswa yang ditempatkan di lokasi yang ditunjuk oleh Kemendes otomatis akan dijadikan sebagai KKN Kemendes. Hal itu disampaikan oleh Direktur UPT KKN Unand, Syamsuardi saat ditemui di ruangannya, Selasa (9/4/2019).

“Mahasiswa yang mengikuti KKN Kemendes ini tidak diseleksi, cuma yang mengikuti KKN ini tergantung lokasinya. Mahasiswa yang mengikuti berasal dari mahasiswa KKN reguler, nanti jika tempatnya masuk ke dalam tempat yang diminta Kemendes maka mahasiswa yang ada di sana langsung terlibat dalam KKN Kemendes ini, “ujar Syamsuardi.

Lanjutnya, tempat yang dijadikan KKN Kemendes ini nanti disesuaikan dengan kebutuhan yang diminta Kemendes. Jika sudah ditempatkan, maka mahasiswa akan diberikan pembekalan KKN Kemendes. Hal itu dilakukan setelah diumumkannya lokasi penempatan KKN.

“Jika nagarinya termasuk ke dalam KKN Kemendes maka akan diadakan pembekalan tambahan bagi mahasiswa yang ditempatkan di sana, “katanya.

Selanjutnya, Syamsuardi mengatakan tujuan dari KKN Kemendes ini agar ada pembangunan dan pengembangan desa. Ia berharap pada KKN ini adanya perubahan pembangunan ataupun pengembangan kawasan desa.

“Lokasinya dijadikan acuan kegiatan KKN, dengan adanya KKN Kemendes jadi lebih terarah. Nanti ada pembekalan khusus untuk mahasiswa yang dapat lokasi KKN Kemendes, serta akan diberi bantuan operasional kegiatan,” ujarnya.

Terkait KKN Kemendes ini, Unand merupakan salah satu kampus yang dilibatkan untuk KKN Kemendes ini, selain itu juga ada UGM dan UNHAS.

Reporter : Juni Fitra Yenti dan Zurriati Fadilla

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here