Beranda Berita Liputan

Unand Buka Jalur SMMPTN 2019, Bagaimana Mekanismenya?

(Foto: Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) membuka Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) bekerja sama dengan 12 universitas di Indonesia wilayah barat. Asisten Wakil Rektor I Yufri Aldi mengatakan pendaftaran SMMPTN sudah dibuka pada 1 Mei hingga 16 Juli 2019. Sedangkan ujian dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019. Mekanisme dan kuota yang tersedia tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Kuota yang disediakan yaitu sebanyak 1733 mahasiswa atau 30% dari daya tampung untuk mahasiswa SMMPTN.
“Total daya tampung Unand tahun ini sebanyak 5780 mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Lebih kurang 1733 mahasiswa atau 30% dari daya tampung diterima pada jalur SMMPTN,” kata Yufri Aldi saat diwawancarai di ruangan, pada Kamis (18/07/2019).

Dilansir dari web pmb.unand.ac.id, proses pendaftaran dimulai dari 01 Mei hingga 12 Juli 2019 dengan mengisi biodata untuk mendapatkan kode pembayaran dan PIN. Kemudian pengisian formulir pendaftaran ujian tulis dan ujian keterampilan, dan memasukkan semua data yang diperlukan pada laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id pada 01 Mei hingga 16 Juli 2019.

BACA JUGA:  Kenalkan Peternakan, Faterna Unand Kembali Adakan Cowboy Fair

Yufri Aldi menjelaskan bahwa terkait biaya akan dibebankan sesuai dengan program studi yang dipilihnya. Peserta yang memilih Saintek dan Soshum akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000. Sedangkan untuk Program Studi (Prodi) keterampilan seni dan olahraga ataupun Ekonomi Unand Kampus I dikenakan biaya tambahan senilai Rp 150.000 ribu. Pembayaran melalui bank Mandiri, BNI, dan BTN.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, tahun ini ada penambahan pembayaran untuk seleksi menjadi Rp 350.000.
“Penambahan ini terjadi dikarenakan biaya pelaksanaan SMMPTN yang sudah naik. Mulai dari kertas, biaya pembuatan soal, dan pendatangan tim panitia,” jelas Yufri Aldi.

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

Ujian keterampilan yang diadakan Unand berupa Ujian Kemampuan Berbahasa Inggris untuk Fakultas Ekonomi kampus I. Tes ini dilaksanakan untuk tiga Prodi yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi. Pelaksanaan ujian dilaksanakan pada 20 Juli 2019 di UPT Pusat Bahasa Unand.
Yufri Aldi menghimbau kepada calon mahasiswa yang akan mengikuti SMMPTN agar membawa kartu ujian bersamaan dengan bukti SKL (Surat Keterangan Lulus). Hal ini untuk menghindari terjadinya kecurangan. Untuk hasil SMMPTN akan diumumkan pada 27 Juli 2019.

Reporter : Gifra Sentia dan Tiwi Veronika
Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here