Beranda Berita

Unand Berlakukan Penomoran Ijazah Nasional Menggunakan NIK Pada Wisuda IV 2019

Kasubag Akademik Asrul Ikhya. (Foto : Icha Putri)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) menerapkan aturan baru tentang penomoran ijazah nasional menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ditetapkan oleh  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) pada wisuda IV tahun 2019. Penomoran ini bertujuan untuk menghindari pemalsuan ijazah oleh oknum lain.

Kasubag Akademik Asrul Ikhya menjelaskan bahwa sosialisasi penambahan NIK dalam data pendaftaran ijazah sudah disosialisasikan Kemenristekdikti kepada Unand sejak 2018 lalu.

“Pelaksanaan metode penomoran ijazah nasional ini sudah sejak wisuda pertama tahun 2019, namun penambahan data NIK baru diminta Dikti pada bulan Oktober ini,” jelas Asrul saat diwawancarai kru Genta Andalas di ruangannya, Jumat (15/11/2019).

Pihak Unand mengaku tidak menemukan kendala dalam sistem tersebut, dikarenakan adanya kerjasama dengan LPTIK Unand untuk membuat sistem baru pendaftaran wisuda mahasiswa. Sehingga mahasiswa dapat mengisi NIK langsung pada formulir.

“Namun, kendala datang dari sistem dikti yang masih belum dapat serempak dalam memproses data mahasiswa,” lanjut Asrul.

Asrul menambahkan bahwa beberapa universitas besar seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada belum menerapkan standar terbaru dikti tersebut.

 

Reporter : Efi Fadhillah dan Icha Putri

Editor : Linda Susanti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here