Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Unand Bangun Gedung STP, Peluang untuk Bisnis

    Beberapa pekerja sedang mengerjakan pembangunan Gedung STP di sekitaran Fakultas Teknik Unand, Jumat (30/8/2019). (Foto : Linda Susanti)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) sedang melaksanakan pembangunan Gedung Science Techno Park (STP) yang berlokasi di samping Gedung Jurusan Teknik Sipil Unand. Gedung STP nantinya akan digunakan sebagai tempat pusat riset dan penelitian sekaligus bisnis inovasi. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Uyung Gatot mengungkapkan jika bisnis inovasi hasil riset ini berjalan, bisnis tersebut dapat menyumbangkan profit komersial dan dana untuk universitas.

“Paradigma Unand sudah berubah. Dulunya teaching university yang mengajar saja seharian lalu menjadi research university, banyak penelitian dilakukan. Sekarang semua paradigma tersebut akan berubah menjadi entrepreneur university yang bergerak dalam bidang bisnis,” ungkap Uyung di Ruang LPPM Unand, Jumat (30/8/2019).

Sehubungan dengan Unand menuju PTN-BH, Uyung mengatakan pembangunan STP tidak memiliki kaitan dengan hal tersebut. Namun jika nanti Unand mengubah statusnya menjadi PTN-BH, maka STP dapat dimanfaatkan untuk meraih keuntungan yang besar.

BACA JUGA:  UKS Unand Hadirkan KCA

“Tidak ada kaitannya, tapi kalau dimanfaatkan kita welcome. Artinya jika Unand PTN-BH, itu (STP) bisa menghasilkan,” kata Uyung.

Lebih lanjut, Uyung menjelaskan pembangunan yang berjalan saat ini hingga Desember mendatang hanyalah kantor manajemen dua lantai. Sementara sisanya akan dilanjutkan tahun depan menunggu dana dari pusat.

Uyung berharap dengan adanya STP ini Unand bisa mencapai entrepreneur university.

“Bisa menghasilkan profit yang besar dan menguntungkan bagi pihak kampus maupun daerah. STP juga bisa membantu biaya operasional, seperti listrik dan air,” harapnya.

Supervisor proyek STP Iman Solehudin mengatakan, pengerjaan bangunan STP dimulai dari 19 Agustus hingga 31 Desember 2019 dan hanya setengah dari bangunan induk. Hal ini berkaitan dengan kontrak yang sudah ditetapkan.

“Untuk pembangunan tahun depan akan dilakukan tender lagi,” kata Iman.

Reporter : Linda Susanti dan Nindi

Editor : Nurul Pratiwi

Pilihan Editor

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here