Pemberian penghargaan kepada para pemenang NUDC, KDMI, KN-MIPA, dan MTQ tingkat Unand di Convention Hall, Kamis (8/4/2021). (Genta Andalas/dok.pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) akan memfasilitasi pemenang National University Debating Championship (NUDC), Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA), dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) untuk persiapan kompetisi di tingkat regional, nasional, hingga internasional. Wakil Rektor III Unand Insannul Kamil mengatakan para pemenang tersebut akan difasilitasi dengan adanya mentor dari mahasiswa Unand yang berpengalaman dan pernah juara tingkat nasional maupun internasional, serta para dosen ahli di bidangnya.

“Kita punya mantan-mantan juara di bidang itu yang bisa dijadikan mentor untuk mereka (pemenang). Bahkan jika memang dibutuhkan pelatih dari luar maka pihak kampus akan tetap memfasilitasinya,” ungkap Insannul kepada Genta Andalas, Kamis (8/4/2021).

Pemberian penghargaan atas kompetisi tingkat Unand ini merupakan agenda tahunan kemahasiswaan sejak tahun 2020. Kegiatan ini akan dilakukan seterusnya guna menyeleksi mahasiswa berprestasi di Unand dan memberikan penganugerahan atas apa yang sudah mereka lalui yakni kompetisi antar mahasiswa di Unand.

“Empati menurut saya penting, pengakuan atas prestasi itu perlu,” kata Insannul.

Mahasiswa Fakultas Farmasi Intan Permata Sari yang menerima predikat Best Speaker Umum di KDMI Unand 2021 merasa bersyukur atas apa yang ia dapatkan, rasa syukur dan senang mengingat usaha yang sudah lama ia lakukan merupakan suatu pencapaian yang sangat berharga dan luar biasa.

“Dengan pencapaian tersebut membuat saya lebih bersemangat dan sering berlatih untuk menjadi lebih baik lagi nanti ke depannya,” kata Intan melalui WhatsApp, Kamis (8/4/2021).

Intan mengatakan persiapan yang akan ia lakukan adalah karantina KDMI, yakni berupa pelatihan untuk para pembicara terbaik yang akan mewakili Unand ke tingkat nasional. Dia juga menilai sistem pelaksanaan KDMI tahun ini berjalan sangat baik.

“Sistem pelaksanaan KDMI tahun ini berjalan sangat terstruktur, transparansi nilai jelas, serta juri yang didatangkan itu berkualitas sehingga puas dengan KDMI yang terselenggara,” tutur Intan.

Penganugerahan pemenang NUDC, KDMI, KN-MIPA dan MTQ tingkat Unand dilaksanakan pada Kamis (8/4/2021) di Convention Hall Unand secara campuran (luring-daring). Acara penganugerahan ini turut dimeriahkan dengan penampilan mahasiswa yang meraih juara tingkat nasional tahun 2020 seperti pembacaan puisi dan penampilan video tari.

Reporter : Nando Ferdiansyah dan Dian Mardhiyyah
Editor : Linda Susanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here