Kegiatan FGD Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Jurnalistik dan Media Lokal di Ruang Rapat Senat lantai 4 Rektorat Universitas Andalas, Kamis (21/7/2022). (Genta Andalas/Dok. Pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) membuka magang untuk mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dibidang jurnalistik fakultas maupun universitas. Hal ini diwujudkan dengan kerjasama yang akan dilakukan Unand dengan 15 media lokal cetak maupun elektronik di Sumatra Barat. Wakil Rektor I Unand, Mansyurdin menegaskan bahwa mahasiswa akan melakukan magang luar kampus selama enam bulan di media dan Unand memberikan dukungan berupa biaya kepada mahasiswa.

“Magang bersertifikat ini akan dihitung menjadi 20 SKS. Terkait konversi SKS, akan diserahkan pengurusannya kepada fakultas. Namun jika ada kendala, silahkan datang ke rektorat, akan dibantu,” jelas Mansyurdin saat Focus Group Discussion di Rektorat lantai 4 Unand, Rabu (21/7/2022).

Lebih lanjut, Mansyurdin mengatakan bahwa magang bersertifikat di media diharapkan nantinya mampu meningkatkan kualitas atau pengalaman mahasiswa. Orientasi dari magang ini adalah adanya outcome dan impact bagi mahasiswa kedepannya.

Staff Ahli Komunikasi dan Media Unand, Dalmenda mengatakan bahwa program ini akan segera dijalankan saat semester ganjil akan dimulai.

Pemimpin Redaksi Rakyat Sumbar, Syukri Umar mengatakan bahwa ia menyambut baik magang mahasiswa di media. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan selama magang yaitu kesesuaian penempatan mahasiswa magang dengan lembaga atau media yang dipilih.

“Jangan sampai ada yang magang tidak tahu apa tujuan magang dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mahasiswa,” ujar Syukri.

Senada dengan Syukri, Perwakilan dari info sumbar Rakhmatul Akbar selaku Pemimpin Redaksi juga menyambut baik magang luar kampus dari Unand. Magang merupakan proses verifikasi mahasiswa untuk mendapatkan mahasiswa yang nantinya siap tempur dan turun ke lapangan.

“Magang adalah momen bukan lagi sebagai mahasiswa, tapi profesional dengan capaian yang besar. Fase enam bulan magang adalah fase migrasi menjadi profesional,” tutupnya.

Reporter: Suhada Tri Marneli dan Nurul Anisa Azwir

Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here