Beranda Berita

UKS Unand Turut Meriahkan Gidaisai Event di Gifu University

Penampilan Unit Kegiatan Seni (UKS) Unand di Gifu University, Minggu (28/10/2018). (Foto: Vivi Octaviani)

gentaandalas.com- Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas (Unand) turut memeriahkan acara Gidaisai di Gifu, Jepang. Gidaisai (Gifu daigaku sai atau Festival Gifu University) merupakan perayaan ulang tahun Gifu.

“Adanya penampilan budaya dari Unand merupakan cara agar tetap terjalin komunikasi antar mahasiswa Unand yang di Gifu dan pihak Unand sendiri,” kata Wakil Rektor III Unand, Hermansah, Minggu (28/10/2018).

Pada ulang tahun ke-69 ini, Gifu University menampilkan penampilan seni dari berbagai club seni di lingkungan kampus. Tidak hanya itu, acara Gidaisai juga ditonton oleh masyarakat umum dan pedagang free market (yang berdatangan ketika acara Gidaisai).
Dalam acara Gidaisai ini, UKS Unand menampilkan Lagu Tanah Airku, Lagu Minang “Lambaian Taduang”, dan pencak silat.

Aprila Nanda, selaku peserta penari piriang menyatakan kesan luar biasa karena bisa tampil di Jepang. “Awalnya agak cemas, takut terjadi apa-apa, mungkin karena suhu udara yang rendah, tapi alhamdulillah penampilan berjalan lancar. Sebuah kebanggaan kami bisa tampil di sini, ” katanya.

Hermansah berharap semoga acara ini dapat menjadi salah satu langkah dalam mempromosikan dan menjaga kebudayaan Indonesia. “Mudah-mudahan dapat meningkatkan kepedulian dan pengertian bersama dalam menjaga kebudayaan,” tuturnya.

Salah satu anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia Gifu, Radhia Putri mengapresiasi penampilan seni tersebut. “Penampilannya bagus, menghibur. Mungkin karena sudah lama tidak menyaksikan yang asli, penari Minang yang lemah gemulai seperti itu. Semoga tahun depan bisa berkolaborasi dengan PPI dari segi penampilan, biar tampil lebih ramai dan komunikasi antar PPI dan Unand juga semakin bagus,” katanya.

Reporter : Vivi Octaviani

Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here