Arus Ramai Lancar di sepanjang Jalan Simpang Pasar Baru pada Minggu (3/2/2022). (Genta Andalas/Joy Prima)

Padang, gentaandalas.com- Antusias masyarakat untuk ngabuburit dan membeli takjil di Pasar Baru terlihat dari ramainya jalanan dan pedagang takjil yang memenuhi jalan dari persimpangan Pasar Baru hingga Sentra Pendidikan (Sendik). Pengendalian keramaian jalanan ini disiasati oleh Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) dengan pemasangan pembatas jalan sebelum Ramadan.

“Setelah uji coba pemasangan pembatas jalan, tidak ada lagi penumpukan kendaraan yang berputar di sekitar persimpangan Pasar Baru dan Halte di depan Sendik. Walaupun pengendara harus berputar lebih jauh, jalanan sejauh ini ramai lancar,” ucap Panit 2 Lantas Polsek Pauh, Aiptu Ulfa Hendri saat diwawancara Genta Andalas pada Minggu (3/4/2022).

Lebih lanjut, Ulfa menjelaskan bahwa uji coba pemasangan pembatas jalan ini dilakukan atas pengamatan dan pertimbangan Polsek Pauh dan Dishub Padang setelah mendapatkan usulan dari warga sekitar yang terdampak kemacetan. Apabila terlihat efektif maka akan dibuat secara permanen kedepannya. Awal Uji coba ini memang akan terlihat ada yang grogi menjelang pengguna jalan terbiasa, karena pada 1 Ramadan ini jalanan terpantau ramai lancar.

“Pemasangan pembatas jalan ini ada juga menguntungkan pedagang, karena harus terus berjalan lurus dan memutar lebih jauh akan banyak pedagang di sisi kiri jalan yang terlihat oleh pengendara,” ujar Rudi, salah seorang masyarakat Pasar Baru.

Mahasiswa Jurusan Peternakan Priska Rahayu merasakan keramaian di Pasar Baru dan uji coba pembatas jalan menjadikan jalanan tidak macet dan aman terkendali. “Biasanya macet akan terjadi karena adanya pengendara yang ingin berbelok atau berputar di tempat yang sudah di tutup saat ini, jadi hari ini walaupun ramai tapi tidak sampai macet,” tutup Priska saat diwawancarai Genta Andalas pada Minggu (3/4/2022).

Reporter : Aisyah Luthfi dan Joy Prima
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here