Peragaan alat dan bahan oleh pemateri dalam penyuluhan pembuatan pestisida nabati dari Puntung Rokok di Jorong Padang Laweh, Tanah Datar pada Minggu (4/2/2024). (Dok. Pribadi)

Tanah Datar Gentaandalas.com-Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas (UNAND) manfaatkan puntung rokok jadi pestisida nabati. Praktik pembuatan pestisida alami ini dilakukan bersama masyarakat Jorong Padang Laweh, Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, pada Minggu (4/2/2024). Ketua kelompok kegiatan Firdiansyah Akhfaitar menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat sekitar yang pada umumnya merupakan petani, untuk membasmi hama.

“Karena kebanyakan warga disini adalah seorang petani yang menghadapi masalah dengan hama dan yang saya lihat juga masih kurang pengetahuan terkait pemilahan sampah sehingga menurut saya ini bisa menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat dan memberi untuk masyarakat setempat,” ujar Atar saat diwawancarai Genta Andalas pada Minggu (4/2/2024).

Atar juga menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilakukan merupakan bagian dari agenda KKN Tematik yang dilakukan oleh ia beserta teman- temannya dalam program kerja Bangun Nagari.

Terkait penyuluhan yang dilakukan ini, Romi selaku masyarakat jorong yang menghadiri kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini baru yang pertama dilakukan di desanya.

“Penyuluhan ini memberikan ilmu yang bermanfaat dan akan kami aplikasikan di kegiatan bertani kami,” ujar Romi.

Selain itu Romi juga berharap ke depannya kegiatan- kegiatan edukasi seperti yang telah dilakukan dapat kembali diberikan kepada masyarakat sekitar.

 

Reporter: Lusi Agustia

Editor : Tiara Juwita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here