Beranda Berita

Tri Rismaharini: Ayo Jadi Tuan dan Nyonya di Negeri Sendiri

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan kuliah umum di Convention Hall Unand, Selasa (20/2/2018). (Foto: Nurul Fatimah)

gentaandalas.com- “Ayo jadi Tuan dan Nyonya di negeri sendiri, jangan jadi penonton,” ujar Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam kuliah umum di Convention Hall Unand, Selasa (20/2/2018).

Sebagai Walikota Surabaya, Risma menyediakan berbagai fasilitas untuk kesejahteraan masyarakat. Ia tidak membiarkan rakyat kelaparan, semua masyarakat dari berbagai kalangan mendapat perhatian darinya. Risma telah melakukan banyak perubahan pada kota Surabaya dan menjamin kesejahteraan masyarakatnya.

Awal Ia menjadi walikota, kemiskinan di Surabaya mencapai angka 20%, dan sekarang kemiskinan di Surabaya hanya tinggal 2%. Hal tersebut bisa terwujud salah satunya dengan mulai mengumpulkan istri-istri dari keluarga miskin yang suaminya tidak bekerja menjadi mesin ekonomi kedua, kemudian membentuk Program Pahlawan Ekonomi. “Saat itu jumlahnya 89 kelompok, sekarang jumlahnya sudah mencapai 8000 kelompok dan sudah ada yang mandiri,” kata Risma.

Di setiap taman kota juga disediakan 1900 titik wifi gratis, bahkan Risma menyediakan segala fasilitas olah raga yang luas dan dapat dipakai secara gratis. Sehingga Surabaya menjadi tempat destinasi wisata terbaik dua setelah Denpasar.

Risma membagikan tips bagaimana Surabaya bisa sejahtara dan dapat mengatasi masalah kemiskinan, yaitu seluruh kegiatan operasional dilakukan menggunakan media elektronik. Bahkan, Risma menyebutkan, manajemen pemerintah dan perizinan bisa dipantau melalui elektronik tersebut.

“Hasilnya, kami bisa menghemat  uang rata-rata 20-25%, hemat kertas hingga 19 miliyar, karena semua menggunakan elektronik,” katanya.

Penghematan tersebut, kata Risma, nantinya dikembalikan kepada masyarakat melalui penyediaan fasilitas-fasilitas yang mendukung kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kota.

Reporter : Nurul Fatimah dan Zurriati Fadilla

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here