Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Tradisi Arak-Arakan Wisuda, Faterna Unand Beri Nama Khusus Suporter

Mahasiswa Faterna Unand saat melakukan tradisi arak-arakan di halaman Auditorium Unand, Sabtu (24/8/2019). (Foto: Indah Ariesta Gusra)

gentaandalas.com- Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) kembali mengadakan tradisi arak-arakan untuk wisudawan dan wisudawati Faterna dalam Wisuda III Unand 2019 di halaman Auditorium Unand, Sabtu (24/8/2019). Namun, dalam wisuda kali ini ada yang berbeda dari tahun sebelumnya.  Faterna membawa  nama khusus  Buffalo Army dalam tradisi yang dilakukan setiap periode wisuda di Unand ini.

Koordinator Sosial Masyarakat (Sosma) Himpunan Mahasiswa Fakultas Peternakan (Himapet) Unand Arif, mengatakan Buffalo Army adalah nama yang dibuat khusus untuk suporter arak-arakan wisuda di Faterna. Tak hanya tim suporter wisuda, Buffalo Army ini juga menjadi tim suporter untuk mendukung seluruh kegiatan Faterna.

“Sekarang Faterna sudah ada tim suporternya yang dinamakan Buffalo Army. Ini bisa jadi maskot Faterna Unand,” kata Arif.

Buffalo Army ini, lanjut Arif, tidak hanya terdiri dari pengurus Himapet, tapi juga mahasiswa Faterna yang bukan pengurus Himapet. Namun untuk sekarang, Buffalo Army masih berada di bawah naungan Himapet Unand.

Ratusan mahasiswa Unand menggelar tradisi arak-arakan untuk menyambut wisudawan dan wisudawati setiap periode wisuda di Unand (empat kali dalam satu tahun).

Arak-arakan wisuda dilaksanakan oleh beberapa fakultas yang ada di Unand, salah satunya adalah Faterna. Menurut Ketua Himapet Unand Erlanda, acara penyambutan ini dilakukan untuk menunjukkan rasa sayang dan kekeluargaan di antara uda dan  uni (abang dan kakak-red) yang diwisuda dengan junior yang ada di fakultasnya.

“Kegiatan ini dari tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada. Kegiatan ini bertujuan agar uda uni yang diwisuda itu merasakan suatu kebanggaan saat disambut sama juniornya,” tutur Erlanda.

Erlanda mengungkapkan, dalam tradisi arak-arakan ini maba Faterna juga diikutsertakan, karena maba tahun ini memang diwajibkan untuk ikut berpartisipasi dalam tradisi arak-arakan.

“Pihak Himapet berharap, untuk acara penyambutan wisuda ini seluruh mahasiswa Faterna dapat berpartisipasi,” ungkap Erlanda.

Persiapan yang dilakukan untuk acara penyambutan ini, jelas Erlanda, hanya dilakukan dalam beberapa kali latihan. Latihan lagu dan gerakan hanya dilakukan dua hari latihan, yaitu Kamis dan Jumat sore.

Reporter : Indah Ariesta Gusra dan Nurul ‘Ain

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here