Beranda Berita

Tingkatkan Sarana, Unand Kembali Lakukan Pembangunan

Kepala Bagian Umum Universitas Andalas, Arpentius, saat diwawancarai di ruangannya, Senin, (5/11/2018).

 

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) kembali melakukan pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana bagi mahasiswa. Berhembus kabar bahwa pembangunan yang tengah dilakukan itu adalah pembuatan sumber aliran air bersih dan penambahan lahan parkir untuk kendaraan bermotor. Terkait hai ini, kru Genta Andalas pun melakukan klarifikasi dengan mewawancarai pihak terkait untuk informasi lebih jelas.

Kepala Bagian Umum Unand, Arpentius, menyebutkan penggalian yang dilakukan di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga jalan menuju Auditorium Unand untuk pembuatan pipa air bersih, Senin (5/11/2018).

“Air bersih ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan dan kemudahan bagi mahasiswa mendapatkan air keran yang bisa langsung diminum, dinikmati secara gratis, serta berperan penting dalam meningkatkan kesehatan lingkungan,” katanya.

Setiap fakultas akan dibuatkan keran air bersih. Pembangunan keran tersebut dilakukan secara bertahap. Selain keran air bersih, nantinya juga akan disediakan gelas, sehingga mahasiswa yang merasa haus setelah kuliah dapat langsung meminumnya.

BACA JUGA:  Sambut Hari Kesehatan Nasional, Farmasi Unand Adakan Bakti

Sumber dari air bersih, kata Arpentius, berasal dari bukit yang terletak beberapa kilometer dari Fakultas Teknik Unand. Air dari bukit itu akan disaring hingga steril dan siap untuk diminum langsung. Seluruh lingkungan di Unand akan dilewati oleh pipa sumber air itu.

Di sisi lain, penambahan lahan parkiran juga dilakukan di beberapa tempat seperti dekat belakang gedung A dan di Fakultas Kedokteran (FK). Menurut Arpentius, penambahan lahan parkiran ini dilakukan karena lahan parkir yang ada sudah tidak memadai untuk menampung jumlah kendaraan motor yang semakin bertambah banyak.

“Kendaraan motor tidak tersusun rapi dan berserakan di mana-mana. Parkiran roda dua yang ada di perpustakaan akan dipindahkan ke parkiran yang baru untuk menghindari terjadinya banjir dan genangan air, parkiran yang baru ini akan dibuat dari rubrik seperti jalan di Unand,” kata Arpentius.

Lebih lanjut, Arpentius mengatakan bahwa dana untuk penambahan lahan parkir di dekat gedung A dan Fakultas Kedokteran berasal dari Rencana Anggaran Biaya (RKKL), sedangkan dana penggalian parit untuk pembuatan pipa air bersih siap minum berasal dari pusat, namun Arpentius tidak mengetahui berapa jumlah dana tersebut.

BACA JUGA:  Unand Laksanakan Pemira Tahap Satu, PPU Fakultas Sebar TPS di Berbagai Titik

Sementara itu, pengerjaan lahan parkir telah dilakukan semenjak tanggal 27 Oktober lalu. Hal itu disampaikan langsung oleh salah seorang pekerja di lahan parkiran belakang gedung A, Sujang.

“Saya belum tau pasti kapan ini akan selesai, tergantung dari jumlah anggota yang ada dan pengerjaannya borongan per meter,” katanya.

Sedangkan Syahil, pekerja lahan parkiran FK mengatakan, ia dan rekannya diperintahkan oleh Dekan FK untuk membuat lahan parkiran ini. Penyelesaiannya butuh waktu satu bulan dan gaji yang mereka terima sebesar Rp110.000,00 per hari.

 

Reporter: Nurul Pratiwi dan Tiwi Veronika

Editor: Rani Aprianti

 

 

 

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here