Beranda Berita

Tiga Calon Rektor Unand Siap Diajukan ke Kemristekdikti

Delapan calon bakal rektor Unand saat pemilihan rektor oleh senat di convention Hall Unand,  Selasa (14/5/2019).

Hasil pemilihan bakal calon rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2019-2023 menetapkan Tafdil Husni, Yuliandri, dan Hairul Abral sebagai calon rektor Unand yang akan maju hingga ke Dikti nanti. Pemilihan ini dilakukan oleh Senat Unand di Gedung Convention Hall Unand (Selasa, 14/05/2019).

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unand 2019-2023, Eva Decroli menuturkan pemungutan suara dilakukan oleh 73 orang anggota senat yang hadir dari total 76 orang senat. Anggota senat yang mempunyai suara untuk memilih calon rektor yaitu yang hadir fisik, karena ada dua orang yang tidak hadir sebab pergi umroh dan satu orang lainnya sedang sakit.

Pada pemilihan ini, sempat terjadi jumlah suara yang sama. Dua orang bakal calon, sama-sama memperoleh tujuh suara, sehingga dilakukan pemilihan ulang. pemilihan ulang tersebut menghasilkan 45 suara untuk Hairul Abral, 25 suara untuk Novesar Jamarun, dan satu suara tidak sah.

“Kita kan butuh tiga nama calon, yang terpilih baru dua nama, suara terbanyak satu dan dua,  makanya dilakukan pemilihan ulang,” kata Decroli.

Hasil total perhitungan suara menetapkan Novesar Jamarun di posisi ke empat dengan memperoleh tujuh suara, posisi kelima yaitu Defriman Djafri dengan enam suara, urutan keenam ada Henmaidi yang memperoleh tiga suara, urutan ke tujuh Hefrizal Handra dengan tiga suara, dan terakhir Munzir Busniah yang memperoleh dua suara.

Selanjutnya, tutur Decroli, pada 17 Juni 2019 nanti akan dilanjutkan pemilihan dari tig orang calon menjadi satu orang. Pemilihan ini dilakukan oleh 76 orang senat dan tetap didampingi oleh perwakilan dari Kemristekdikti.

“Jika hari ini Dikti tidak memiliki hak pilih, tapi pada tanggal 17 Juni nanti Dikti punya hak untuk ikut memilih. Suara Dikti ada 35 %, dan senat 65%,” tuturnya.

Decroli berharap, hasil pemilihan ini juga bisa diterima oleh Kemristekdikti nantinya. “Alhamdulillah, pemilihan sudah baik dan lancar, tidak terjadi keberpihakan, tidak ada transaksional, Visi misi tersampaikan dengan lancar. Mustinya dikti juga menerima dan menyetujui ini,” kata Decroli.

Setelah diserahkan ke Dikti, maka Dikti akan menyelidiki rekam jejak masing-masing calon, termasuk rekam jejak transaksi keuangan. Hal ini akan menjadi pertimbangan Dikti untuk pemilihan nantinya.

Reporter: Vivi Oktaviani dan Zurriati Fadilla
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here