Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Terkendala Jadwal, Pembukaan Resmi BAKTI Unand Terlaksana Hari Ketiga

Mahasiswa baru Unand sedang mengikuti kegiatan BAKTI 2019 di Auditorium Unand, Rabu (7/8/2019).

gentaandalas.com- Pembukaan resmi Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) Universitas Andalas (Unand) 2019 dilaksanakan di Auditorium Unand pada hari ketiga pelaksanaan BAKTI,  Rabu (7/8/2019).

Ketua Pelaksana BAKTI Unand 2019 Arif Zulpriansyah Siregar menjelaskan tertundanya pembukaan resmi BAKTI 2019 dikarenakan jadwal  pengisi kuliah umum. Dalam rencana semula, pengisi kuliah umum adalah Menteri Pertahanan Indonesia. Berhubung Menteri Pertahanan ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, maka pengisi kuliah umum digantikan oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

“Beliau (Irwan Prayitno) hanya bisa di hari Rabu, karena itu pembukaan resmi diundur ke hari ketiga,” jelasnya saat diwawancarai di Auditorium Unand, Rabu (7/8/2019).

Dalam rangkaian kegiatan pembukaan BAKTI Unand 2019, Irwan Prayitno menyampaikan kuliah umum mengenai motivasi agar mahasiswa mendekatkan diri pada Tuhan, selalu bersyukur dan bekerja keras. Selain itu, di sela-sela waktu ia membawakan beberapa pantun dan lagu.

BACA JUGA:  Tolak RUU P-KS, Aliansi Bem Sumbar Ajukan Tiga Tuntutan

Dalam laporan Ketua Pelaksana BAKTI 2019 yang disampaikan oleh Wakil Rektor III Unand Hermansah, sebanyak 5.963 maba yang mengikuti BAKTI 2019 diterima melalui tiga tahapan penerimaan.

“Sebanyak 5.963 orang maba diterima melalui tiga tahapan penerimaan, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN Wilayah Barat. Selain itu, juga ada melalui jalur Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) Papua dan SM3T,” kata Hermansah.

Hermansah menambahkan, program BAKTI ini terdiri dari tiga kegiatan utama. Pertama, melahirkan Karakter Andalasian yang dikenal dengan SEJATI (Simpati, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab, dan Ikhlas). Selanjutnya, pemantapan wawasan kebangsaan untuk membekali maba dengan materi tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Kemudian, proses pengenalan kehidupan kampus agar maba cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

BACA JUGA:  Hari Pertama Kuliah, Maba Unand Sulit Cari Lokasi Gedung Kuliah

Rektor Unand Tafdil Husni dalam sambutannya menegaskan kepada maba agar kuliah tepat waktu dan tamat berkualitas. Dalam rangkaian acara pembukaan BAKTI ini pihak kampus juga memberikan penghargaan kepada beberapa mahasiswa Unand yang berprestasi di tingkat nasional tahun 2019.

Pada tahun sebelumnya, pembukaan resmi BAKTI Unand dilaksanakan pada hari kedua BAKTI dan  menghadirkan salah satu menteri Indonesia di masa itu. Namun sekarang berbeda. Pembukaan resmi BAKTI dilaksanakan pada hari ketiga dan menghadirkan Kepala Daerah  Sumatra Barat.

Reporter : Icha Putri dan Dian Fitri Yova

Editor : Nurul Pratiwi

 

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here