Beranda Berita

Teknologi Berbasis Web Penunjang Wirausaha

Narasumber dalam Seminar Nasional Cowboy Fair 4 di ruang seminar PKM lantai 1 Rabu, (15/11/2017).

gentaandalas.com- Pemanfaatan teknologi digital untuk wirausaha peternak dalam bidang produksi dan manajemen perlu untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, seperti aplikasi sistem informasi manajemen berbasis web.

“Hal utama yang harus diperhatikan dalam bisnis online adalah menjaga kepercayaan konsumen, quality control dan kepastian delivery atau distribudi. Sistem ini dapat digunakan sebagai penunjang keputusan untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan penunjang investasi,” tutur Dosen Fakultas Peternakan Adrizal dalam Seminar Nasional Cowboy Fair 4 di ruang seminar PKM lantai 1 Rabu, (15/11/2017).

Pendiri usaha Ternakita, mahasiswa Jurusan Sosiologi 2015 M Trio Saputra mengatakan mahasiswa harus memiliki star up, perusahaan yang menggunakan teknologi untuk mengembangkan bisnis, seperti  gojek dan bukalapak.

“Saya mendirikan star up ini karena kebutuhan daging yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu masih banyaknya masyarakat khususnya mahasiswa yang belum paham mengenai investasi, serta kondisi Indonesia yang selalu impor setiap tahunnya,” ujarnya.

Ciri-ciri pelaku usaha star up, kata Trio, usia perusahaan kurang dari 3 tahun, tapi tidak semua seperti itu. Bisnis ini beroperasi melalui website dan mobile, serta produk bersifat aplikasi dalam bentuk digital.

Dilain sisi, CEO AgriNiaga.com Ramos Julian Deka Putra memanfaatkan bisnis web ini sebagai ajang promosi dan pembagian ilmu kepada peternak. Menurutnya, pengguna internet di Indonesia yang mencapai 132,7 juta orang akan menjadi ladang baru untuk berbisnis, terutama bagi mahasiswa dalam berwirausaha.

Melalui web ini diharapkan dapat mengubah pola fikir masyarakat akan pentingnya internet, derajat petani akan meningkat dan menambah minat generasi muda dalam penggunaan internet, tidak hanya dalam hal hura-hura, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bisnis.

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal dan Metria Indeswara

Editor      : Rafikha Novita Sari

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here