Ketua LP3M Unand Henny Lucida mengungkapkan pentingnya akreditasi internasional untuk menjadikan Unand sebagai world class university pada Kamis (14/10/21). (Genta Andalas/Ade Selvia)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) tengah gencar melakukan proses akreditasi internasional pada beberapa program studi (Prodi) untuk menjadikan Unand sebagai world class university. Hal ini bertujuan agar Unand dikenal secara internasional dan mengikuti standarisasi secara internasional baik dari sisi kurikulum, proses pembelajaran hingga fasilitas di setiap prodi. Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Henny Lucida mengatakan prodi dipilih dengan berbagai pertimbangan, termasuk bidang ilmu dan komitmen dari setiap prodi.

“Prodi dipilih berdasarkan kesesuaian bidang ilmu dan komitmen yang mampu mereka jalankan,” ucapnya saat diwawancarai Genta Andalas pada Kamis (14/10/2021).

Tahun ini LP3M menargetkan akreditasi internasional untuk enam prodi Fakultas Ekonomi yaitu Sarjana Akuntansi, Sarjana Manajemen, Sarjana Ekonomi, Magister Ekonomi, Magister Manajemen dan Magister Sains Akuntansi. Serta, dua prodi dari Fakultas Ilmu Budaya yaitu Sastra Indonesia dan Sastra Jepang. Akreditasi ini dilakukan melalui lembaga akreditasi internasional asal Eropa yaitu Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

Lebih lanjut, Henny Lucida mengatakan bahwa LP3M akan gencar melakukan akreditasi internasional untuk beberapa prodi lain, seperti Kimia melalui The Royal Society of Chemistry dan Pertanian melalui ASIIN.

Wakil Dekan (WD) I Fakultas Ekonomi Enrizal menyambut baik dan memberikan banyak dukungan bagi setiap prodi, mulai dari penyiapan dokumen yang dibutuhkan hingga peningkatan dari segi kualitas kurikulum.
Senada dengan WD I Fakultas Ekonomi, WD I Fakultas Ilmu Budaya Ika Revita menyampaikan bahwa pihak Fakultas Ilmu Budaya juga senantiasa selalu mengawasi dan memberikan dukungan bagi setiap prodinya.

“Kami tentu saja memberikan dukungan seperti memperbaiki labor linguistik, dengan catatan pembangunan tersebut untuk peningkatan akreditasi,” ujarnya saat diwawancarai Genta Andalas pada Kamis (14/10/2021).

Proses akreditasi internasional ini juga mendapatkan respon positif dari mahasiswa, salah satunya Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unand Pery Praja. Ia mengatakan bahwa proses akreditasi internasional ini tentunya akan mendatangkan keuntungan tersendiri, seperti prodi akan memiliki kompetensi yang lebih baik untuk meningkatkan kredibilitas dan popularitasnya di kancah nasional hingga internasional.

Reporter: M. Bimo Setiawan Perdana Wilan dan Ade Selvia
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here