Beranda Berita

Tafdil: Pancasila dan Kebhinekaan sebagai Anugerah

Rektor Unand, Tafdil Husni, saat memimpin upacara HUT RI ke-73 di Lapangan Rektorat, Unand, Jumat(17/8/2018). (Foto:Humas Unand)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) melaksanakan upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang dipimpin langsung oleh Rektor Unand, Tafdil Husni, di Lapangan Rektorat, Unand, Jumat (17/8/2018). Upacara yang bertema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” ini diikuti oleh tenaga pengajar, pegawai dan mahasiswa Unand.

Tafdil dalam sambutannya, mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali secara utuh pancasila dan kebhinekaan bangsa sebagai sebuah keanugerahan. “Saat ini Indonesia banyak dipuji karena stabilitas politiknya, perkembangan ekonomi yang sehat, serta prestasi yang dicapainya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik serta kita semua merasa bangga atas prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang  lomba internasional di berbagai bidang,” katanya.

Dedi Sumantri, dosen Fakultas Kedokteran Gigi, Unand, yang juga mengikuti upacara bendera berpendapat, di 73 tahun kemerdekaan, secara umum bangsa Indonesia sudah maju dan sudah menunjukkan gemanya di seluruh dunia, walaupun dari sisi kesejahteraan masih ada ketimpangan-ketimpangan yang sedang dalam proses perbaikan.

“Kita berharap pemerintahan yang sekarang dan yang akan memimpin ke depan bisa meningkatkan keamanan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, serta keadilan ke seluruh pelosok Indonesia,” ujarnya.

Beberapa mahasiswa baru, Fakultas Kedokteran Unand, memaknai 17 Agustus sebagai hari untuk menghargai pahlawan-pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan ini, sebagai bangsa yang sudah merdeka bertugas untuk mempertahankan kemerdekaan. Terutama mahasiswa harus belajar dengan baik untuk bisa membangun negeri ini kedepannya.

Senada dengan itu, beberapa mahasiswa Fakultas MIPA yang turut hadir mengikuti upacara tersebut, berharap Indonesia kedepannya lebih aman, damai, tentram dan tidak ada lagi isu politik yang mengganggu, serta pendidikan di Indonesia dapat lebih maju.

Reporter : Fildzatil Arifa dan Yosi Saputri

Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here