Beranda Berita

Tafdil Husni: PTN-BH adalah Potensi yang Harus Dimanfaatkan

Tafdil Husni saat memberikan sambutan pada acara Pisah Sambut Rektor Universitas Andalas di Gedung Auditorium Unand, Rabu (27/11/2019). (Foto : Rahmat Fiqri)

gentaandalas.com- “Unand harus mencapai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH),” jelas Tafdil Husni, Rektor Unand 2015/2019 ketika diwawancarai kru Genta Andalas pada acara Pisah Sambut Rektor Universitas Andalas di Auditorium Unand, Rabu (27/11/2019).

Dia menjelaskan bahwasannya kampus yang berstatus PTN-BH akan memiliki banyak keuntungan disamping fleksibilitas dalam mengatur kampus,  seperti bidang akademik, manajemen administrasi, dan keuangan.

“Pemerintah juga menganjurkan PTN agar mencapai standar World Class University melalui PTN-BH, jadi jika tidak dimanfaatkan akan rugi sekali,” jelas Tafdil.

Unand sudah mencapai klaster satu selama empat tahun terakhir, hal ini menjadi alasan Tafdil mengharapkan agar Unand dapat menyandang status PTN-BH.

“Persyaratan PTN-BH tidak seketat sebelumnya, di mana perguruan tinggi harus menempati klaster pertama tingkat nasional, sedangkan Unand sudah mencapai syarat ini sejak 4 tahun yang lalu,” jelasnya.

Saat ini Unand telah resmi mendaftarkan diri menjadi PTN-BH dan sedang dalam masa peralihan, bersamaan dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Sebalas Maret.

 

Reporter : Geliz Luh Titisari dan Tiwi Veronika

Editor : Rahmadina Firdaus

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here