Beranda Berita

Swara Nightingale Peringati Ulang Tahun dengan Kegiatan Donor Darah

Salah seorang mahasiswa sedang mendonorkan darah di lantai satu fakultas keperawatan Unand. Bertemakan Give Blood Save Life,  acara ini diadakan pada hari Kamis, (13/9/2018). (Foto: Fildzatil Arifa)

gentaandalas.com- Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Swara Nightingale (SN) dan Pecinta Alam, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (UNAND) mengadakan acara donor darah di lantai satu fakultas keperawatan Unand, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan untuk memperingati hari ulang tahun SN yang ke-18. Tidak hanya diikuti oleh Fakultas keperawatan, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh fakultas lain di Unand, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknik.  Universitas lain pun juga turut memeriahkan acara ini, seperti Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK, Universitas Negeri Padang (UNP), Stikes Perintis, dan Politeknik Negeri Padang (PNP).

BACA JUGA:  GEMA, Ajang Motivasi Maba Asrama

“SN punya kegiatan rutin setiap ulang tahun 1 muharam yaitu donor darah. Tapi karena 1 muharam kemarin libur, jadi kami tetapkan acara donornya hari Kamis,” ujar Asra Dewita selaku ketua panitia.

SN yang berperan di bidang Mapala medis mengadakan kegiatan tahunan ini tidak hanya untuk memperingati ulang tahun SN, tapi juga sebagai wadah bagi orang-orang untuk berbagi. “Semoga acara ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat terealilasi setiap tahunnya dan semoga semakin banyak lagi pendonor,” kata Asra.

Disisi lain, Kim selaku dokter yang menangani pendonor sebelum melakukan donor darah mengatakan selain berguna untuk orang lain, donor darah juga berguna untuk kesehatan si pendonor darah. “Secara psikologisnya kami sudah membantu orang. Bagi tubuh sendiri, dengan donor darah sum sum tulang akan aktif dalam membentuk sel-sel darah lagi,” katanya.

BACA JUGA:  Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Bidikmisi Terpaksa Ambil Jatah Kuliah

Menurut Kim, Kegiatan donor darah di Fakultas Keperawatan ini sangat bagus, melihat banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi sebagai pendonor.

Salah satu mahasiswi Fakultas Hukum, Rahma mengatakan donor darah ini memiliki banyak manfaat, selain bisa beramal, juga bisa menambah nafsu makan. “Saya sudah kali ke-5 nya mengikuti acara ini, dan saya senang bisa berbagi dengan orang lain,” katanya.

Reporter : Fildzatil Arifa

Editor: Ivonyla Krisna

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here