Beranda Berita

Sumbar Berperan Penting Majukan Diplomasi Budaya di Indonesia

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P Marsudi, dalam acara Talkshow di Convention Hall, Universitas Andalas. Sabtu, (2/2/2019). (Foto: Fildzatil Arifa).

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang berdekatan dengan Samudera Hindia. Sumatera Barat (Sumbar), memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung diplomasi budaya, apalagi Sumbar merupakan tempat para penerima beasiswa seni dan budaya. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P Marsudi, dalam acara Talkshow di Convention Hall, Universitas Andalas. Sabtu, (2/2/2019).

Pada tahun 2015 lalu, Retno berkunjung ke Kota Padang, Sumbar, dalam rangka pertemuan para menteri luar negeri Indian Ocean Rim Association (IORA), saat itu Indonesia menjadi tuan rumah IORA. IORA ialah organisasi yang beranggotakan negara-negara yang bertepian dengan Samudera Hindia.

BACA JUGA:  Paguyuban Salemba Empat Unand Sosialisasikan Beasiswa KSE

Saat ini, IORA beranggotakan sebanyak 21 negara. Indonesia salah satu anggota IORA yang sangat aktif. Dilihat dari segi penduduknya, Samudera Hindia memiliki sekitar 2,7 miliyar jiwa, hal tersebut tentu akan memberikan dampak positif bagi Indonesia, khususnya Sumbar.

“Sekitar 70% lalu lintas perdagangan minyak, gas, dan lain-lain itu menggunakan Samudra Hindia,” ujar Retno.

IORA salah satu cerita mengenai diplomasi Indonesia. Diplomasi yang aktif, bersahabat, bermatabat, dan ikut membangun perdamaian dan kesejahteraan dunia.
Ditengah situasi dunia yang tidak menentu, tentunya tidak mudah menjalankan diplomasi yang aktif, bersahabat, bermartabat dan stablitas dunia.

BACA JUGA:  Jurusan Teknologi Industri Pertanian Unand Terima 34 Maba SNMPTN 2019

“Kalau kita berbicara diplomasi Indonesia, maka kita dikenal dengan diplomasi perdamaian dan kemanusiaan,” katanya.

Reporter : Zurriati Fadilla
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here