Beranda Berita

Sumbangkan 300 Buku, Mahasiswa KKN Sungai Pisang Akhiri Kegiatan

Mahasiswa KKN Unand, Sungai Pisang bersama anak-anak Rumah Baca Sungai Pisang, Senin (6/8/2018).

gentaandalas.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Nagari Development Center (KKN-NDC) Universitas Andalas (Unand) sumbangkan sekitar 300 buku bacaan kepada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pintu Ilmu, Sungai Pisang, Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Senin (6/8/2018) dalam acara Re-Launching Rumah Baca Sungai Pisang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tanda telah berakhirnya seluruh kegiatan mahasiswa KKN Unand di Sungai Pisang tahun 2018. Ketua Nagari KKN Sungai Pisang, Andre Utama, mengatakan jenis buku yang disumbangkan berupa buku tulis, perlengkapan menggambar, buku baca anak dan juga buku yang bernuansa islami diantaranya tuntunan salat lengkap, kisah 25 nabi dan rasul serta jus ‘amma.

“Kita merasa senang bisa berbagi dengan adik-adik di sini, mengingat tingkat pendidikan yang masih tergolong rendah, harapannya dengan sedikit kontribusi dari kita, bisa memberi pengaruh yang besar bagi pertumbuhan generasi remaja di sini,” katanya.

Tujuan sumbangan ini, kata Andre, mengingat minat baca anak-anak di Sungai Pisang yang tinggi, namun terkendala dengan fasilitas dan ketersediaan buku, hal itu dibuktikan dengan selalu ramainya rumah baca setiap hari.

Lebih lanjut, ia mengatakan minat baca terlihat ketika mahasiswa KKN menyalurkan buku yang disambut sangat antusias. Dalam acara ini juga dilaksanakan bimbingan membaca dari mahasiswa KKN kepada anak-anak di tempat tersebut.

Ketua PKBM Pintu, Ilmu Kasmiwati, mengucapkan terima kasih atas sumbangan yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN Unand, diakui Kasmiwati rumah baca ini memang sangat mengharapkan tambahan buku bacaan mengingat minat baca anak-anak usia sekolah yang tinggi, karena beberapa waktu yang lalu sempat banjir, akibatnya kekurangan persedian buku yang layak pakai.

“Mudah-mudahan kakak-kakak kita sukses kedepannya, dan yang terpenting tidak melupakan Sungai Pisang dan jika ada waktu silahkan main-main ke sini lagi,” ujarnya.

Dengan tambahan fasilitas ini, dalam waktu dekat Kasmiwati berencana akan melaksanakan lomba membaca bagi anak-anak Sungai Pisang, tujuan kegiatan ini untuk memacu lagi minat baca serta daya tarik bagi yang belum tergabung dalam kegiatan ini.

Salah satu siswa yang sering mengunjungi rumah baca, Moza, mengatakan sangat senang dengan kedatangan mahasiswa KKN apalagi menyumbangkan beberapa buku bacaan, karena ia sendiri sangat suka membaca terlebih kisah 25 nabi dan rasul.

“Saya selalu cerita dengan teman-teman tentang rumah baca ini, ketika kakak-kakak dari mahasiswa KKN datang saya sempat menanyakan buku tersebut untuk siapa,” kata Moza yang bertanya dengan polosnya.

Reporter : Metria Indeswara

Editor : Juni Fitra Yenti

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here