Beranda Berita

Sudah Satu Semester, KTM Maba 2018 Belum Dibagikan

Karikatur : Iqbal Tri Junaidy

gentaandalas.com- Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Mahasiswa Baru (Maba) tahun 2018 jalur  SNMPTN dan SBMPTN sampai saat ini masih belum dibagikan. KTM maba jalur SNMPTN dibagikan pada bulan Maret mendatang, sedangkan untuk KTM maba jalur SBMPTN akan dibagikan pada bulan Februari, sama seperti tahun sebelumnya.

KTM maba 2018 jalur SNMPTN yang dikeluarkan melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) dibagikan bulan Maret mendatang karena memiliki beberapa kendala, seperti Bank Indonesia tidak memberlakukan lagi Kartu Mahasiswa dengan Magnet Script (KTMS) pada bulan September 2018 dan harus diganti dengan kartu bertanda chip.

Oleh karena itu, untuk maba 2018 diberlakukan KTM sekaligus  ATM yang sudah ada chip-nya, tidak seperti  mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 yang diminta untuk mengurus kembali KTM-nya, sehingga kartu KTM dan ATM dipisah. Hal ini dilakukan guna meminimalisir proses administrasi dan mahasiswa tidak membayar ulang untuk KTM mereka.

BACA JUGA:  Ikamadiksi Unand Adakan GEMBIRA 2019 antar Universitas se-Indonesia

Selain terkendala pemberlakuan ATM berbasis chip, BSM juga terkendala dalam pembuatan desain KTM sekaligus ATM yang berbeda dengan kartu sebelumnya.

“Sebenarnya untuk desain mahasiswa 2018 sudah selesai semenjak bulan Agustus lalu. Namun karena diberlakukannya ATM yang ada chip-nya, maka kami mendesain ulang KTM sesuai dengan kebijakan baru tersebut,” ujar Kepala Pengeluaran Kas BSM, Melia Fitri, yang diwawancarai oleh kru Genta Andalas, Rabu (16/1/2019).

Melia menambahkan, selain beberapa kendala yang dimiliki, KTM maba jalur SNMPTN  dikeluarkan pada Maret mendatang juga karena persetujuan desain baru yang membutuhkan waktu 141 hari kerja. Untuk mahasiswa angkatan sebelumnya, masih dapat menukarkan KTM yang ditambahkan dengan ATM instan yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

BACA JUGA:  Pendaftaran Seleksi KKN Nasional dan KKN Internasional Sudah Dibuka

Berbeda dengan KTM maba jalur SNMPTN, KTM maba jalur SBMPTN yang dikeluarkan oleh Bank Nagari sejauh ini tidak memiliki kendala dalam proses pengeluarannya.

“Karena mahasiswa per tahunnya ada ribuan, maka untuk mengeluarkannya sedikit lama. Namun, masih sama dengan tahun sebelumnya, KTM tersebut akan dikeluarkan pada bulan Februari,” tutur salah satu staf Bank Nagari, Nova.

Reporter : Gifra Sentia dan Nadya Satya Dilova

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here