Sosialisasi SBMPTN dan SIMA Unand yang disiarkan di Youtube Humas Unand (Unand Official), Senin (4/4/2022). (Genta Andalas/Tangkapan Layar)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) laksanakan Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan SIMA Unand yang dihadiri Rektor Unand Yuliandri dan Wakil Rektor (WR) I Mansyurdin di Youtube Humas Unand (Unand Official) pada senin(4/4/2022).

Rektor Unand Yuliandri menyatakan bahwa bagi calon mahasiswa dengan ekonomi kurang mampu juga dapat menempuh pendidikan di Universitas Andalas. “Kita akan memfasilitasi dengan KIP Kuliah dan kita akan memberikan KIP Kuliah kepada orang yang benar-benar membutuhkan dan sesuai dengan syarat,” ujar Yuliandri saat sosialisasi jalur penerimaan mahasiswa Unand.

Lebih lanjut Yuliandri menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru Unand berbeda dengan tahun lalu dikarenakan Unand sudah menjadi PTN-BH saat ini. Persentase jumlah penerimaan jalurnya juga berbeda, tahun 2022 jalur SNMPTN menerima sebesar 20%, SBMPTN sebesar 40%, dan SIMA UNAND sebesar 40%.

“Pada penerimaan SNMPTN yang paling ramai peminatnya adalah Farmasi, Kedokteran, Hukum, Manajemen, dan juga Hubungan Internasional. Pada umumnya semua prodi di Universitas Andalas ramai peminat, cuman ada yang ditempatkan di pilihan satu dan ada yang di pilihan dua,” ujar Yuliandri.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, WR I Unand Mansyurdin menjelaskan bahwa Unand juga membuka jalur mandiri atau yang saat ini disebut dengan SIMA Unand. SIMA Unand memiliki beberapa jalur seleksi, yaitu jalur akademik, prestasi, kerja sama, disabilitas, dan juga internasional. Jalur akademik pada SIMA Unand terdiri dari seleksi dengan jalur nilai UTBK dan ujian tulis yang dilakukan secara daring.

“Nilai UTBK yang diambil untuk seleksi SIMA Unand diambil dari LTMPT langsung, sehingga tidak ada kecurangan dari peserta,” ujar tutup Mansyurdin saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

Reporter: Asa Alvino Wendra & Diva Wijaya
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here