Beranda Berita Liputan

Sosial Media Sebagai Wadah Penyalur Karya

Genta Kiswara, saat menyampaikan materi dalam Seminar Nasional di Ruang Seminar PKM Unand, Minggu, (10/2/2019) (Foto:Yashirli Mulyadi)

gentaandalas.com- Saat ini, banyak orang kecanduan internet daripada kecanduan menulis. Hal ini terjadi karena di dalamnya banyak mengandung hiburan dan kesenangan. Hal ini disampaikan langsung oleh penulis buku, Genta Kiswara, dalam seminar nasional yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Universitas Andalas (Unand) di Ruang Seminar PKM Unand, Minggu, (10/2/2019).

Awalnya, penulis yang biasa dipanggil Genta ini bergelut di dunia blog, sampai akhirnya mendapatkan tawaran menulis di majalah. Sejak tahun 2015, ia memutuskan untuk menjadi penulis buku. Genta mengatakan bahwa melalui buku ia bisa menghasilkan sebuah lagu, dari lagu ia menjadikannya sebuah musikalisasi puisi.

“Buku juga bisa menghasilkan sebuah lagu, dari lagu saya aplikasikan menjadi musikalisasi puisi, kemudian saya bisa menjadi pembicara dalam seminar dan talkshow. Semua itu berangkat dari caption di sosial media,” katanya.

Kemudian, Genta mengungkapkan, saat ini setiap orang mempunyai saluran televisi masing-masing. Media sosial diibaratkan televisi yang bisa menayangkan diri sendiri. Meskipun penontonnya tidak terlalu banyak, media sosial bisa menjadi sarana untuk kita berkarya, dan orang-orang bisa memberi tanggapan terhadap karya kita, serta memberi sokongan untuk terus berkarya.

Salah satu peserta seminar nasional, Dea Lovenda Dwifi, mengungkapkan bahwa, Genta sudah tepat memanfaatkan era digital saat ini.

“Genta pandai memanfaatkan era digital saat ini karena sebelumnya dia sudah mempunyai blog dan di instagramnya sudah menulis melalui caption,” ujarnya.

Selanjutnya, Genta berpesan, apapun hal yang membuat  sesuatu merasa lebih baik, lakukan saja. Jangan pernah mendengarkan kata-kata yang membuat kalian menjadi lebih buruk, karena yang tau kebaikan diri kita, adalah diri kita sendiri. Hargai orang-orang di sekitar, jujur melakukan sesuatu dari hati karena sesuatu apapun  yang dilakukan dengan hati maka itu tidak akan menghancurkan.

Reporter : Yashirli Mulyadi dan Zurriati Fadilla

Editor : Ramadanil Fajri

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here