Selasa, 19 September 2017

Home » Wawasan » Teknologi » Smartbag Mudahkan Mahasiswa dalam Aktivitas Kuliah

Smartbag Mudahkan Mahasiswa dalam Aktivitas Kuliah

2 Juli 2017 - 12:57 WIB Kategori: Teknologi 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 383 Kali

Smartbag hasil karya mahasiswa Unand yang dibawa ke ajang Pimnas

gentaandalas.com- Seiring berkembangnya zaman, manusia dituntut mampu beradaptasi dengan cepat. Pasalnya, jika manusia tidak mampu untuk meningkatkan kualitas dirinya maka manusia akan tergerus oleh zaman. Perkembangan zaman selalu identik dengan kemajuan teknologi yang mendampingi kehidupan manusia. Banyak hal yang cenderung dianggap mustahil beberapa dekade silam menjadi terwujud sekarang ini.

Hal ini yang menjadi motivasi beberapa mahasiswa fakultas teknik Universitas Andalas (Unand) untuk membuat smartbag (tas pintar). Ide pembuatan smartbag ini berasal dari Chevy Nanda, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro. Ide ini berawal dari Chevy  yang merasa sulit bahkan sampai merasa sakit pada pinggang ketika harus membawa banyak buku di dalam tasnya, ditambah lagi personal computer (PC) berukuran tebal yang dibawa dalam satu tas ketika harus membuat tugas kuliah. Pada saat itulah muncul ide untuk menyatukan dua perangkat berbeda  dalam satu paket yaitu tas yang terintegrasi dengan PC.

Proses pengerjaan smartbag melibatkan lima mahasiswa dari beberapa jurusan yang tergabung dalam tim smartbag. Achmad Hafid Jurusan Teknik Elektro sebagai ketua dari tim smartbag dibantu oleh Chevy Nanda sebagai wakil ketua serta teknisi, Aneryu Weti sebagai adminitrasi dan keuangan, Suci Wulandari sebagai desainer serta Novy Yanti sebagai publikasi.

Pembuatan smartbag bertujuan memudahkan mahasiswa untuk membuat tugas, khususnya mahasiswa teknik. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, smartbag sendiri merupakan salah satu wakil Unand menuju ajang pimnas yang saat ini masih dalam tahap seleksi. “Smartbag saat ini sedang melalui tahap seleksi dari pihak dikti, semoga smartbag  ini bisa lolos ke pimnas,” ujar Chevy. Chevy berharap smartbag mampu membawa nama baik Unand, khususnya di ajang pimnas. Chevy juga mengakui alat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia karena belum ada yang memproduksi sebelumnya.

Smartbag terdiri dari beberapa komponen yakni tas, LCD berukuran 7 inchi, CPU  mini yang dirakit sendiri, keyboard eksternal yang menggunakan sistem bluetooth serta beberapa usb port yang digunakan untuk terhubung dengan perangkat lainnya seperti harddisk dan speaker eksternal. Selain praktis dan fleksibel, smartbag memilki kemampuan untuk dilacak menggunakan sms dan telepon, dengan menghubungi nomor smartbag yaitu nomor yang sama dengan telepon seluler bisa GSM atau. “Jika smartbag hilang maka akan bisa dilacak dengan menghubungi nomornya, dengan otomatis smartbag ini akan mengirimkan lokasinya bahkan jika ditelepon akan terdengar suara yang ada di sekitar smartbag ini,” tutur.

Smartbag dibekali baterai dengan kapasitas 25000mAh yang mampu bertahan selama 24 jam dan dilengkapi dengan usb charger untuk mengisi daya dari smartbag. Pengisian daya smartbag memerlukan waktu selama lima jam sampai terisi penuh. Smartbag menggunakan tegangan listrik rendah, yaitu sebesar 5 volt sehingga pemakaian baterai dapat diminimalisir. Karena smartbag menggunakan arus DC (aruh searah), jadi resiko untuk terkena sentrum akan lebih kecil. Kemudiann smartbag juga dilengkapi sensor tekanan yang akan berbunyi ketika memuat kapasitas yang berlebih dan memiliki kapasitas memori sebesar 128 Gb dan ram 1 Gb.

Berbeda dengan komputer yang banyak beredar di Indonesia, smartbag justru menggunakan linux sebagai sistem operasi nya. ”Salah satu alasan menggunakan linux adalah keamanan data yang ada dalam perangkat komputer terjamin dan  dapat terhindar dari virus. Karena linux mampu untuk menetralisir virus yang masuk ke komputer, meskipun di Indonesia pengguna sistem operasi linux ini sedikit,” ungkapnya.

Smartbag ini menggunakan bahan terpal yang tahan akan air dan tahan akan bantingan sehingga aman ketika jatuh saat digunakan. Hal ini tergambar lewat desain yang digunakan, yaitu dengan  meletakkan LCD dibagian tengah yang diapit komponen tas yang padat di bagian belakang tas. Untuk menghindari kepanasan, smartbag juga dilengkapi dengan pendingin sehingga panas dari CPU dapat ditanggulangi.

Chevy mengugkapkan belum bisa membeberkan secara rinci mengenai teknologi pembuatan smartbag, dikhawatirkan produk tersebut akan dicuri orang lain karena belum memiliki hak paten. Chevy juga mengakui masih banyak kekurangan karena produk ini masih dalam tahap percobaan dan mereka belum berani melempar ke pasaran. (Ilham Rf , Metria)

Smartbag Mudahkan Mahasiswa dalam Aktivitas Kuliah Reviewed by on . [caption id="attachment_15027" align="aligncenter" width="444"] Smartbag hasil karya mahasiswa Unand yang dibawa ke ajang Pimnas[/caption] gentaandalas.com- Sei [caption id="attachment_15027" align="aligncenter" width="444"] Smartbag hasil karya mahasiswa Unand yang dibawa ke ajang Pimnas[/caption] gentaandalas.com- Sei Rating: 0

Permalink : https://wp.me/p52sAd-3Ul

Tinggalkan Komentar

scroll to top