Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

SK Baru Rektor, FKM Terapkan Aturan Remedial Berbayar

Surat Keputusan Rektor Unand Tentang Biaya Perkuliahan Semester Antara dan Remedial (Foto : Icha Putri)

gentaandalas.com- Rektor Universitas Andalas (Unand) keluarkan SK baru terkait pelaksanaan remedial exam pada 19 Juni 2019. Bagi mahasiswa yang ingin melakukan remedial untuk memperbaiki nilai diharuskan membayar sebesar Rp 25.000 per matakuliah. Hal ini disampaikan oleh Emizar selaku Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan FKM di ruangannya, Kamis (27/06/2019).

“Mahasiswa banyak yang ingin mempercepat masa studi, memperoleh IPK tinggi, maka kami adakan remedi yang dikenakan bayaran sebanyak Rp 25.000 ini,” kata Emi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor I Dachriyanus mengungkapkan bahwa pihak rektorat hanya memberikan legalisasi untuk fakultas yang ingin menerapkan sistem berbayar. “Tujuannya itu agar mahasiswa tidak semena-mena terhadap remedial. Misalnya ada yang mendaftar 100 orang, soal udah dicetak dosen juga udah siap, ternyata dia tidak datang pada hari itu,” ujar Dachriyanus.

Terkait uang pembayaran, Dachriyanus menjelaskan bahwa uang tersebut akan disalurkan ke Unand karena merupakan pendapatan negara. Pengeluarannya pun diatur berdasarkan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:  Gema 2019, Ajang Menyambut Mahasiswa Baru Asrama Unand

Wakil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM, Randy Ramadhan mengatakan bahwa hal itu wajar karena sudah termasuk dalam SK Rektor, dan sistem yang dilakukan fakultas juga sesuai dengan SK dari rektorat.

Salah seorang mahasiswa FKM Anisa Azinar mengatakan bahwa ia tidak terbebani dengan sistem remedial berbayar. Mungkin dalam menjalankan ujian pengulangan ini butuh anggaran dana, asalkan dengan berubahnya sistem kali ini nilainya dapat berubah. Sedangkan pada remedial non berbayar pada semester sebelumnya nilai tidak berubah.

Berbeda dengan Shabila Putri, ia mengungkapkan kekecewaannya karena hasil remedial sebelumnya yang tak kunjung keluar.

“Seharusnya pada UKT itu sudah ada bagian untuk uang administrasi, termasuk remedial di dalamnya. Bahkan hasil remed tahun sebelumnya belum keluar juga,” ungkap Shabil.

Reporter : Linda Susanti dan Icha Putri

Editor : Ramadanil Fajri

Pilihan Editor

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here