Beranda Berita

Sistem Wisuda Baru, Wisuda I Gunakan Sistem Lama

Wakil Rektor I Mansyurdin. (Foto: Nurul ‘Ain)

gentaandalas.com- Unand ubah ketetapan mengenai waktu pelaksanaan wisuda. Hal ini diputuskan berdasarkan hasil rapat pimpinan Unand dan fakultas tentang prosesi wisuda pada tanggal 23 dan 30 januari 2020 lalu. Waktu pelaksanaan wisuda tidak berdasarkan kalender akademik sebagaimana sebelumnya, empat kali setahun melainkan berdasarkan kuota wisudawan 1000-1200 orang saat wisuda.

“Waktu pelaksanaan wisuda tidak lagi berdasarkan kalender akademik tapi berdasarkan kuota. Jika berdasarkan kalender akademik maka semuanya mendesak, seperti mahasiswa mendesak pembimbing, penelitian mendesak dan lain sebagainya,” jelas Wakil Rektor I Mansyurdin di Rektorat Unand pada Selasa (11/2/2020).

BACA JUGA:  Sering Meninggalkan Kunci di Motor, Syafwardi Imbau Mahasiswa Lebih Teliti

Pelaksanaan wisuda Diploma 3, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor digabung dalam satu hari pada hari sabtu (maksimal pada pukul 12.00 wib). Prosesi wisuda yang baru menggunakan pola wisuda Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor yang dimodifikasi. Pelaksanaan wisuda pertama tahun 2020 tetap menggunakan pola sebelumnya karena jumlah wisudawan sudah mencapai sekitar 1600 orang.

“Karena keputusan ini baru dikeluarkan, orang yang mendaftar sudah 1600 orang. Maka wisuda satu besok masih sama,” tambah Mansyurdin.

BACA JUGA:  Fintech, Solusi Pinjaman Dana Berbasis IT

Jika kuota sudah penuh dalam waktu satu setengah bulan, wisuda akan dilaksanakan dan tidak akan lama menunggu. Sehingga suasana akademik tidak ada istilah desak-mendesak lagi.

Mahasiswi Ilmu Politik, Vivi setuju dengan adanya keputusan ini karena jika wisuda terjadwalkan pada kalender akademik maka akan susah jika terjadi keterlambatan dan menunggu sesuai kalender akademik. Tetapi, dengan ketetapan yang baru maka wisuda bisa kapanpun disesuaikan dengan jumlah mahasiswanya.

Reporter : Nurul ‘Ain
Editor : Suhada Tri Marneli

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here