Beranda Berita

Si Kamek Bana, Terobosan Baru KKN Unand 2019

Sistem Informasi Kampus E-KKN Bangun Nagari (Si Kamek Bana) (Foto: Vivi Oktaviani)

gentaandalas.com- Sistem Informasi Kampus E-KKN Bangun Nagari (Si Kamek Bana) merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk dapat mendeteksi kegiatan  mahasiswa KKN melalui hasil kerjasama antara pihak PU KKN Unand dengan pihak Telkomsel. Sistem semacam ini pertama kali di kembangkan oleh Telkomsel dengan Universitas Lampung.

Aplikasi ini berupa sistem yang diintegrasikan oleh Telkomsel ke portal PU KKN Unand dan diberikan secara gratis oleh Telkomsel. “Telkomsel yang membuat, kita boleh juga mengembangkannya nanti,” kata Koordinator Pengelola Unit (PU) KKN, Syamsuardi, saat ditemui di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Jumat (21/06/2019).

Aplikasi ini membantu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa yang mengikuti KKN  berinteraksi secara langsung. Selain itu, kegiatan serta keberadaan mahasiswa dapat terpantau dengan jelas setiap harinya.

“Mahasiswa mudah melaporkan kegiatannya dan DPL juga mudah memantau mahasiswa ke mana pun dia pergi, karena terhubung oleh Global Positioning System (GPS), ” ujar Syamsuardi.

Syamsuardi mengatakan saat ini program Si Kamek Bana masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan. Ia juga mengungkapkan untuk lokasi jauh dan belum terpantau maka pelaporan bisa menggunakan  model pola lama atau memakai sistem hard copy.

Si Kamek Bana dapat didownload melalui Google Play Store. Agar terhubung dengan aplikasi ini, mahasiswa dan dosen harus mendaftarkan nomor BP atau NIP.

Aplikasi Si Kamek Bana ini direncanakan akan launching dan diakses secara serentak  bersamaan dengan pelepasan mahasiswa KKN bersama rektor dan para DPL pada 1 Juli mendatang.

Reporter : Fajar Suci dan Vivi Oktaviani

Editor: Anjasman Situmorang

1 KOMENTAR

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here