Home Gentainment Karya Calon Anggota

Si Buyuang, Solusi Mudah Kenal Budaya Minangkabau

Tampilan situs web sibuyuang.com pada PC. (Foto : Nindi)

gentaandalas.com- Tim PKM-M (Pengabdian pada Masyarakat) Universitas Andalas (Unand) yang beranggotakan lima orang, yakni Pepi Putri Utami dari Teknik Elektro, Agung Wibowo Ardiyanto Subakti dari Sistem Komputer, Muhammad Fikri dari Teknik Elektro, Pratama Halim dari Sistem Komputer, dan Aulia Rahma dari Sastra Minangkabau dengan Si Buyuang-nya berhasil menjadi pemenang presentasi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019 di Bali pada Agustus lalu. Tujuan diciptakannya media pembelajaran interaktif ini adalah untuk membuat anak muda tertarik dan mudah mempelajari budaya Minangkabau kembali.

Ketua Tim PKM-M ini Pepi Putri Utami, menceritakan awal mula terciptanya Si Buyuang ini. Putri mengungkapkan, PIMNAS ini menjadi tradisi di Fakultas Teknik. Untuk mengirimkan proposalnya, setiap anggota labor wajib mengikuti PIMNAS. Ada banyak judul yang diajukan, namun rasanya tidak ada keberlanjutan dari judul tersebut. Sampai akhirnya, Putri dan tim mendapatkan sebuah permasalahan dari seorang Guru SD sekitar Unand. Guru tersebut mengatakan kekurangan referensi dalam pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM).

“Khusus PKM-M, biasanya ia mengambil bagaimana permasalahan dari masyarakat. Masyarakat yang memberikan permasalahan, lalu kita yang memberikan solusinya. Saya dan teman saya Fikri, akhirnya berdiskusi dengan pembimbing. Setelah disetujui, barulah dicari tim lain sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Putri.

Si Buyuang ini, lanjut Putri, dapat diakses di situs web www.sibuyuang.com. Dalam situs web tersebut dapat ditemui ringkasan materi, video animasi, dan permainan berupa puzzle pakaian adat, permainan randai, tebak alat musik, dan lainnya. Konten-konten itu merupakan hasil diskusi antara tim, budayawan, dan Guru Pengajar BAM.

“Sekarang sudah ada kerjasama antara pihak sekolah dengan budayawan untuk melanjutkan program. Bapak Hasanuddin bersedia untuk menyediakan konten. Misalnya jika konten tertentu tidak ditemukan, maka beliau (Pak Hasanuddin) bersedia memberikan kontennya,” jelas Putri.

Saat ini, materi yang sudah diisi baru sesuai dengan kurikulum kelas IV SD. Putri dan tim menargetkan semua materi untuk kelas III sampai kelas VI akan selesai di tahun 2020. Jika semua materi sudah selesai, maka Si Buyuang akan disosialisasikan dalam Rapat Kerja Guru Sumatera Barat. Harapannya, media pembelajaran interaktif ini dapat berguna bagi masyarakat ke depannya, terutama dalam dunia pendidikan.

Reporter : Nindi dan Rahmadina Firdaus

Editor : Nurul Pratiwi

 

NO COMMENTS

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here