Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Setelah 18 Tahun, Jurusan Ilmu Keperawatan Raih Akreditasi A

Ketua Jurusan Ilmu Keperawatan Yanti Puspita saat diwawancarai di Fakultas Keperawatan, Jumat (9/8/2019). (Foto: Linda Susanti)

gentandalas.com- Setelah 18 tahun berdiri, Jurusan Ilmu Keperawatan Universitas Andalas (Unand) akhirnya berhasil meraih akreditasi A. Ketua Jurusan Ilmu Keperawatan Yanti Puspita mengatakan, pihak Jurusan Ilmu Keperawatan telah merencanakan re-akreditasi ini sejak 2016 dan baru berhasil merealisasikannya pada akhir Desember 2018. Hal ini dapat dilihat dengan dibentuknya tim ad hoc sebanyak 20 orang dosen dan tenaga pendidik yang menjadi pionir dan evaluasi diri untuk mengusung re-akreditasi.

“Akhir Desember 2018, Jurusan Ilmu Keperawatan mendaftar ke LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan), sehingga kami diberi waktu tiga bulan untuk proses fasilitasi hingga bulan Maret,” kata Yanti di Fakultas Keperawatan, Jumat (9/8/2019).

BACA JUGA:  KKN Expo 2019, Mahasiswa Antusias Lakukan Persiapan

Yanti mengungkapkan, selama tiga bulan tersebut dilakukan fasilitasi, penyusunan borang oleh tim ad hoc yang melibatkan semua orang termasuk pimpinan fakultas, kemudian dilihat kondisi real dari seluruh fasilitas dan dilakukan evaluasi jika masih ada yang kurang.

Selama proses re-akreditasi, lanjut Yanti, tidak lepas dari berbagai masalah dan kendala, seperti jadwal untuk rapat re-akreditasi yang sering bertabrakan dengan jadwal mengajar dosen, dana yang diperlukan untuk membeli fasilitas juga tidaklah murah terutama alat labor, dan keterbatasan ruangan juga menjadi kendala tersendiri.

BACA JUGA:  Program Magister Epidemiologi Unand, Satu-satunya di Pulau Sumatera

“Kendala yang pertama, jadwal kerja re-akreditasi dengan jadwal kuliah mahasiswa. Kedua, harga alat labor yang mahal sedangkan dana kita tidak banyak,” ungkap Yanti.

Yanti berharap, Jurusan Ilmu Keperawatan dapat mempertahankan apa yang telah didapatkan saat ini dan dapat merancang program yang sesuai dengan visi dan misi.

Mahasiswi Jurusan Ilmu Keperawatan Dina berharap, dengan berhasilnya Jurusan Ilmu Keperawatan meraih akreditasi A, civitas akademika fakultas mampu meningkatkan kemampuan dan kinerjanya, sehingga dapat mempertahankan akreditasi ini untuk lima tahun ke depan.

Reporter : Suhada Tri Marneli dan Linda Susanti

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here