Beranda Berita

Sering Tidak Berfungsi, Air Bersih Siap Minum Belum Sepenuhnya Tanggung Jawab Unand

Kepala Bagian Umum Unand Arpentius. (Foto: Nurul Pratiwi)

gentaandalas.com- Kran air bersih siap minum yang sudah ada di seluruh tempat di Unand sering tidak berfungsi di beberapa titik. Kepala Bagian Umum Unand Arpentius mengatakan bahwa air bersih siap minum ini masih menunggu kabar dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyerahan air bersih siap minum itu kepada pihak Unand.

Sejauh ini, air bersih siap minum ternyata belum menjadi tanggung jawab pihak Unand. Air bersih itu masih di bawah pengawasan kontraktor dan pihak Kementerian PUPR. Hal ini disampaikan oleh Arpentius saat diwawancarai di Auditorium Unand Lantai 2, Jumat (17/5/2019).

Kemudian, Arpentius mengungkapkan belum terlaksananya penyerahan air bersih siap minum ini karena terkendala pada pipa bawah tanah air bersih tersebut. Pipa tersebut bocor tanpa sebab. “Dalam satu malam, tangki air di sumber air bersih yang awalnya diisi penuh menjadi berkurang setengah. Padahal, tidak ada yang memakai air bersih itu,” tuturnya.

Arpentius menambahkan, kebocoran pipa sedang ditanggulangi oleh pihak kontraktor dan ia mengakui kurang mengetahui penyebab kebocoran pipa itu.

“Mungkin disebabkan oleh sambungan pipa yang berada di bawah tanah kurang kuat dan sesuatu yang tajam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arpentius menuturkan bahwa kran air bersih siap minum akan berfungsi di seluruh titik setelah adanya penyerahan dari pihak Kementerian PUPR kepada pihak Unand.

“Setelah penyerahan, baru dilakukan sosialisasi penggunaan kran air bersih siap minum kepada seluruh masyarakat Unand, agar tak terjadi penyalahgunaan kran tersebut,” tutur Arpentius.

Reporter : Nurul Pratiwi

Editor : Juni Fitra Yenti

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here