Beranda Berita

Sering Meninggalkan Kunci di Motor, Syafwardi Imbau Mahasiswa Lebih Teliti

 

Kunci yang tertinggal di motor memberi peluang bagi pelaku kejahatan, Jumat (07/02/2020). (Foto: Nurul ‘Ain)

gentaandalas.com- Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Syafwardi menghimbau mahasiswa agar berhati-hati dalam menjaga kendaraannya, agar kasus kehilangan tidak terjadi lagi. Dalam laporan yang diterimanya hampir setiap hari ada mahasiswa yang meninggalkan kunci motornya, hal ini akan memberi peluang bagi pelaku kejahatan.

“Orang mencuri motor karena ada kesempatan, mahasiswa yang meninggalkan kunci di motornya membuat maling dengan mudahnya mencuri motor dan tidak perlu susah-susah menggunakan kunci T,” papar Syafwardi saat ditemui kru Genta Andalas di ruangannya, Jumat (7/2/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa keamanan Unand tidak hanya menjadi tanggung jawab dari pihak Universitas, melainkan semua elemen harus ikut andil di dalamnya. Selain itu, Unand juga menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian untuk melakukan patroli setiap malamnya.

BACA JUGA:  Digitalisasi dan Matematika Tidak Terpisahkan

“Kemarin sudah dilakukan patroli di sekitaran PKM,” jelasnya.

Ketua Umum UKM PHP Abdis Sallam Fajri mengapresiasi kebijakan Unand yang melibatkan pihak kepolisian tersebut. Namun, untuk tingkat kejahatan di siang hari masih menjadi perhatian, seperti percobaan pencurian yang sempat terekam kamera CCTV beberapa waktu lalu.

Menurutnya perlu ada pembenahan dalam peraturan keamanan kampus. Koordinasi antara satpam pusat dan fakultas harus lebih ditingkatkan, tata kelola parkir, serta dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang keamanan.

BACA JUGA:  Sistem Wisuda Baru, Wisuda I Gunakan Sistem Lama

“Diperlukan SOP keamanan sebagai landasan bagi satpam untuk menjaga keamanan kampus, karena sampai saat ini SOP belum bisa diakses, atau mungkin belum ada,” jelas Abdis.

Untuk warga Unand, Syafwardi menghimbau agar mahasiswa tidak meninggalkan kunci motor di motornya dan menggunakan kunci ganda. Selain itu, diharapkan juga untuk memarkirkan motor sesuai dengan tempatnya.

Reporter : Linda Susanti dan Nurul ‘Ain
Editor : Suhada Tri Marneli

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here