Beranda Berita Liputan

Sempat Vakum, FIB Kembali Buka SP

(Foto: Rani Aprianti)

gentaandalas.com- Sempat Vakum beberapa tahun karena dinilai kurang efektif, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand), berencana kembali membuka Semester Pendek (SP) untuk mahasiswa. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil dekan I, Ferdinal, saat ditemui di ruangannya, Selasa (12/02/2019).

Ferdinal menyatakan, bahwa tujuan diadakannya kembali SP bagi mahasiswa untuk memberikan kesempatan dalam memperbaiki nilai serta memperpendek masa studi.

“SP FIB direncanakan akan diadakan tahun ini, setelah semua persiapan selesai dan disetujui oleh senat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sukri Umar: Jurnalis Profesional dimulai dari Proses Profesional

Setelah semua persiapan pelaksaan SP Selesai, kata Ferdinal, akan diadakan sosialisasi kepada seluruh mahasiswa FIB.

“Nanti akan ada sosialisasi melalui jurusan-jurusan yang ada di FIB, serta pengumaman resmi dari pihak fakultas, saya yakin tahun ini FIB dapat menyelenggarakan SP,” katanya.

Rencana Pelaksaaan SP tersebut turut dibenarkan oleh Dekan FIB, Hasanudin. Menurutnya, SP merupakan hak mahasiswa, dan tugas institusi untuk memfasilitasi kegiatan itu. Ia mengatakan, semua mata kuliah di FIB akan dibuka SP. Terkait kebijakan dan peraturan SP, akan didiskusikan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Cara Membangun SDM Indonesia Yang Unggul dan Punya Daya Saing di Era Industri 4.0

Mahasiswa dituntut agar tamat tepat pada waktunya, agar tidak merugikan diri mahasiswa itu sendiri, kata Hasanudin. Ia juga berharap, agar pelaksaan SP ini dapat membantu mahasiswa tamat tepat waktunya atau bahkan tamat lebih cepat dari target yang ditetapkan.

“Semakin lama tamat, semakin lama pula dapat pekerjaan. Nanti, Mahasiswa juga yang akhirnya menjadi rugi,” katanya.

Reporter: Rani Aprianti dan Yashirli Mulyadi

Editor : Ramadanil Fajri

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here